oleh

UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara Kolaborasi UKM Orsha Sukses Gelar Festival Bahasa dan Budaya

Jepara – Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara koloborasi dengan UKM Orsha gelar festival bahasa dan budaya bertema “Boosting Mixlennials Creativity, Potency, and, Courage Through Language” yang bertempat di Auditorium Perpustakaan Lantai 3.

Menurut Sintia selaku sie acara, tema ini diambil karena sekarang era mixlennials antara generasi milenial dengan generasi Z sehingga perlu dalam meningkatkan kreativitas, potensi, dan bahasa di era mixlennials ini.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan diawali sambutan oleh Zahrotun Nafisah, L.C., M.H.I. selaku ketua Festival Bahasa dan Budaya dan dilanjutkan sambutan sekaligus pemotongan pita sebagai simbolis pembukaan oleh Rektor Unisnu Jepara Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag.

Kegiatan dilanjutkan dengan beberapa perlombaan terdiri dari Duta Bahasa Unisnu yang bertempat di audit perpustakaan lantai 3, English Speech di ruang sidang gedung FTIK, dan khitobah di ruang UPT Pengembangan Bahasa.

Festival Bahasa dan Budaya 2022 dilakukan dengan dua rangkaian acara yang dimulai sejak bulan November. Ada 7 lomba yang diperlombakan dengan 3 secara hybrid dan 4 secara online. 3 lomba hybrid dengan para finalis diseleksi secara online dengan diambil peserta terbaiknya, kemudian dilombakan secara offline. 3 lomba tersebut yaitu Khitobah, English Speech, dan Duta Bahasa. Sedangkan 4 lomba yang dilaksanakan secara online terdiri dari Tari Kreasi Nusantara, Menyanyikan lagu daerah, essay dan Story Telling.

Duta Bahasa Unisnu diikuti oleh mahasiswa aktif Unisnu yang dilakukan dengan 3 finalis terpilih menampilkan bakatnya seperti tarian dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh juri. Salah satu finalis dari program studi Manajemen, yaitu Umi Latifah menampilkan tarian nusantara. Sedangkan lomba khitobah dan English Speech diikuti oleh siwa SMA/MA sederajat se- karesidenan Pati dengan masing-masing 8 dan 10 peserta.

Baca Juga  Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Tes Urine di Kodim 0711 Pemalang 

Pengumuman lomba diumumkan pukul 13.00 WIB diawali dengan sambutan dari kepala UPT Bahasa sekaligus pembina Orsha yaitu Aprilia Riyana Putri, M.Pd. Menurut beliau, dalam hidup kita berproses, berprogres, baru kemudian menghasilkan. Setelah sambutan diadakan pengumuman lomba yang diselingi penampilan dari anggota Orsha dan tari dari SD Al Islam Pengkol sebagai juara satu lomba tari kreasi nusantara.

Berikut nama-nama pemenang lomba:
Duta Bahasa
1. Juara 1 : Umi Latifah prodi Manajemen
2. Juara 2 : Isna Amara prodi Ekonomi Islam
3. Juara 3 : Resvi Fariska prodi Pendidikan Bahasa Inggris

English Speech
1. Juara 1 : Salwa Mischa Hidayat dari MA Mada Nusantara
2. Juara 2 : Safna Anaida Sidqiyya dari MAN 1 Jepara
3. Juara 3 : Veti Sonia dari MA NU Ibtidaul Falah

Khitobah
1. Juara 1 : Shafna Awaliya Rahma dari MAN 1 Jepara
2. Juara 2 : Nia Erlina dari MA Mathalibul Huda Mlonggo
3. Juara 3 : Khamidatul Amaliyah dari MA Mathalibul Huda Mlonggo (RedG /Hasyim N)

Komentar

Tinggalkan Komentar