oleh

Upaya Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Memutus Rantai Penyebaran Covid-19

Jakarta – Pasca libur Idulfitri 1442 H, Kanwil  Kemenkumham DKI Jakarta, menggelar tes swab antigent untuk para karyawannya selama dua hari Senin dan Selasa (17 Mei – 17 Mei 2021).

“Ini upaya antisipasi kami dalam mencegah paparan Covid-19 selepas libur Idulfitri 1442 H,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham DKI Jakarta, Selasa (18/5/2021).

Di hari pertama Senin (17/5/2021) pas masuk kerja, kegiatan test swab antigent ini dilaksanakan seusai apel pagi serta Halal Bihalal virtual. Test swab itu dilakukan kepada seluruh pimpinan tinggi di lingkungan Kanwil Kemenkumham beserta pegawainya yang melaksanakan Work From Office (WFO).

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Menteri Hukum dan HAM. “Ini upaya antisipasi kami dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, Selasa (18/5/2021).

Karena itulah, Menteri Hukum dan HAM langsung memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk ikut serta membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 di masyarakat khususnya di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Selama dua hari pelaksanaan test swab antigent di lingkungan Kanwil diikuti  235 orang pegawai sesuai dengan surat perintah penetapan jadwal WFH dan WFO bagi pegawai di Kanwil DKI Jakarta.

Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun (Foto: Riza Sofyat/RedG)

Rinciannya, menurut Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, pelaksanaan test hari pertama diikuti oleh 114 orang pegawai dengan hasil seluruhnya negatif. Selanjutnya pada hari Selasa (18/5/202) diikuti 121 orang pegawai.

“Hasilnya seluruhnya juga negatif,” kata Ibnu Chuldun.

Kegiatan serupa ini, tampak memang dilakukan secara rutin. Menurut Ibnu Chuldun, pada Maret 2021 lali pihaknya juga menggelar test swab antigent untuk seluruh pegawainya. “Hasilnya saat itu juga negatif,” katanya.

Test swab antigent itu, juga dilakukan kepada warga binaan alias para narapidana dan tahanan di Lapas dan Rutan di wilayah DKI Jakarta. “Alhamdulillah hasilnya negatif semua,” ungkap Ibnu Chuldun.

Baca Juga  Tingkatkan Kualitas SDM Lewat Bimtek di Kementrian Pertahanan

Test swab antigent ini tidak berhenti di Kantor Wilayah saja, Kakanwil memerintahkan untuk melanjutkan program ini ke Kantor Imigrasi Klas I Khusus TPI Soekarno Hatta.

Hal itu dibenarkan Kepala Kantor. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Saffar Muhammad Godam. Menurutnya, test swab itu akan diikuti 894 orang, dan Kantor Imigrasi lainnya di wilayah kerja Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. “Rencananya sih pekan depan,” pungkas Godam. (RedG/Riza)

Komentar

Tinggalkan Komentar