oleh

Upaya Entaskan Kemiskinan, Staf Ahli Menteri Koperasi Bawa Buyer ke Pemalang

Pemalang – Staf Ahli Menteri Koperasi Agus Santoso beserta rombongan selama dua hari sabtu – minggu (12-13 /11/2022) malakukan kunjungan langsung ke pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) Kabupaten Pemalang.

Pada hari pertama mengunjungi UMKM berbasis nanas yakni cita rasa di Desa Bulakan dan Vitanas di desa Sikasur keduanya di Kecamatan Belik. Selain bertemu dengan kedua pelaku UMKM tersebut, rombongan juga bertemu dengan petani dan pengepul Nanas.

Pada hari kedua, kunjungan ke pengrajin batik Artha Kencana, Arum Cempaka dan Sekar Manggar di Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang.

Menurut Agus, kunjungan ke pelaku UMKM adalah salah satu upaya untuk menggali informasi dan berusaha mencari jalan keluar untuk peningkatan usaha UMKM tersebut.

“Kami datang ke sini (Pemalang) merupakan salah satu upaya peningkatan kesejahteraan UMKM dalam upaya pengentasan kemiskinan ekstrim yang ada di Kabupaten Pemalang,” ungkap Agus, minggu (13/11/2022).

Kunjungan staf ahli Menteri Koperasi ke UMKM Pemalang ini merupakan kali kedua yang sebelumnya mengunjungi UMKM berbasis ikan dan nanas di Jum’at – Sabtu ( 21 – 22/10/2022).

Kunjungan kedua ini merupakan kunjungan tindak lanjut dari kunjungan pertama. Dalam kunjungan ke dua ini juga membawa investor, buyer, lembaga Pengelolaan Dana Bergulir dari Kementrian Koperasi dan UMKM serta pengurus pusat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

Pada pertemuan dengan kelompok tani Nanas dan para pengepul, investor sudah sepakat ada kontrak penjualan nanas madu kualitas super minimal sebanyak 30 ton per bulan.

Dalam kunjungan ke pengrajin batik, rombongan selain melihat koleksi juga memborong batik khas Pemalang ini.

“Kami terima kasih atas kunjungannya” kata Widi pemilik Artha Kencana.

Para pengrajin batik di Pemalang juga mengungkapkan permasalah dan harapan kepada pemerintah melalui staf ahli Menteri Koperasi. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar