oleh

Upacara Renungan Ulang Janji Berjalan Khitmad

Wonogiri-Sedikitnya 65 Siswa SMK N 1 Jatiroto mengikuti Upacara Renungan Ulang Janji menjelang Peringatan Hari Pramuka Ke – 57 bertempat di halaman SMK N 1 Jatiroto, Senin (13/8/2017) malam.

Renungan dan ulang janji dipandu oleh Camat Jatiroto Andika Krisnayana, selaku Kamabiran dan dihadiri sejumlah Forkopincam Jatiroto termasuk di dalamnya Danramil 16/Jatiroto yang di wakili Batuud Peltu Sutarno.

Acara dimulai sekitar Pukul 21.00 WIB malam menjelang hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2018 dengan saling memberi hormat yang dipimpin oleh Pemimpin Upacara renungan kepada Pembina Ulang Janji.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan penyalaan Api Dasadharma sebagai simbol 10 Dharma Pramuka yang perlu dihayati, ditanamkan dan diamalkan oleh anggota Pramuka. Sekaligus sebagai semangat kaum muda Indonesia yang menyala–nyala.

Ada 10 (sepuluh) api Dasadharma tersebut dibawa oleh 10 (sepuluh) pembawa obor dari para siswa, dengan langkah yang mantap maju ke tengah satu per satu menyalakan obor. Kemudian, pembacaan renungan dan ulang janji oleh Kamabiran.

Tidak lama kemudian, Sang Merah Putih, lambang kebanggaan bangsa Indonesia, yang mencerminkan keberanian karena membela yang benar dan menjadi saksi apa yang direnungkan jajaran Pramuka, memasuki arena upacara renungan dan menempatkan diri di tengah arena dengan mengambil posisi sebelah pemimpin upacara.

Safii S selaku Pembina Upacara mengajak kepada peserta upacara renungan untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia yang diberikan.

Dijelaskannya, setelah merenungkan bersama akan perjalanan perjuangan dan pengabdian kita, maka pada kesempatan yang baik ini marilah kita semua sebagai Pandu Indonesia membulatkan tekad, mengorbankan semangat untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian itu demi tercapainya tujuan bangsa, yakni masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Baca Juga  3.000 Masker Dibagikan di  Wonogiri

“Marilah kita pegang Sang Merah Putih yang ada di pundak kita, dengan maksud agar selama jantung kita masih berdetak. Kita akan selalu ingat, bahwa dipundak kita, dipercayakan tugas dan tanggungjawab untuk melaksanakan janji Pramuka Indonesia, Tri Satya,” ajaknya yang diikuti seluruh peserta. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar