oleh

UNISRI Permudah Syarat Beasiswa KIP Kuliah Bagi Masyarakat Kurang Mampu dan Terdampak Covid-19

Solo – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta mempermudah persyaratan bagi calon mahasiswa kurang mampu dan atau terdampak covid-19 yang hendak kuliah di perguruan tinggi itu melalui program bidik misi atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Bagi para lulusan SMA/SMK/MA berprestasi yang mempunyai KIP Kuliah dan keluarganya mempunyai Kartu Perlindungan Sosial (KPS) serta masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH), kata wakil rektor III bidang kemahasiswaan, alumni, dan kerja sama Dr Sutoyo, bisa langsung mendaftar ke Unisri yang sudah dibuka sejak akhir April 2020, online atau langsung.

Bagi yang tidak mempunyai KIP Kuliah, keluarga dari calon mahasiswa bisa mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) di desa/kelurahan setempat dan diketahui pihak kecamatan dan dinas sosial. SKTM yang didisposisi dinas sosial setempat itu sebagai pengganti KIP Kuliah.

Selain itu, kata Sutoyo, program bea siswa Bidikmisi atau yang sekarang disebut KIP Kuliah juga diperluas, tidak hanya bagi para fresh graduade dan lulusan satu tahun lalu, lulusan dua tahun lalu juga masih bisa mendaftar. Bagi penerima beasiswa bidikmisi atau KIP Kuliah, uang SPP selama delapan semester digratiskan dan masih akan mendapatkan uang saku.

“Sebenarnya persyaratan bagi calon mahasiswa baru program beasiswa bidikmisi atau KIP Kuliah di Unisri masih sama seperti tahun-tahun lalu, hanya saja kini ada beberapa item yang dipermudah persyaratanya,” kata Sutoyo selaku penanggungjawab panitia penerimaan calon mahasiswa baru.

Disamping beasiswa Bidikmisi atau KIP-Kuliah, di Unisri juga terdapat berbagai beasiswa bagi calon mahasiswa baru. Seperti beasiswa dari Bank Indonesia (BI), beasiswa BPMKM, serta PPA dan BBM. Selain menyediakan banyak beasiswa, seluruh mahasiswa yang kuliah juga diasuransikan.

Baca Juga  Peduli Sampah, Ajakan KKN UPGRIS ke Warga Pandean Lamper

“Unisri adalah satu-satunya perguruan tinggi swasta di Soloraya yang dipercaya Bank Indonesia dalam penyaluran beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu tapi berprestasi,” kata dia.(*)

Komentar

Tinggalkan Komentar