oleh

Unik, Kenalkan Kuliner Pemalang Lewat Sendra Tari.

PEMALANG – Dalam rangka mengenalkan makanan khas tidak hanya dilakukan dengan cara memperlihatkan dan mempertontonkan proses dan hasil masakan tersebut. Akan tetapi ada banyak cara yang harus dilakukan, salah satunya yang dilakukan oleh Sanggar Tari Kaloka.

Sanggar tari Kaloka, yang dipimpin oleh Bayu Kusuma, nanti malam, Jum’at, (16/12/2022) Pukul 19.00 wib, di Pendopo Kabupaten Pemalang menggelar Tari Grombyang Pemalang dan dapat ditonton secara gratis.

Menurut Bayu, tari grombyang Pemalang ini merupakan salah satu langkah dalam upaya pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pelestarian setelah pada tahun 2021 tepatnya bulan Oktober, Nasi Grombyang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda atau WBTB.

“Setelah ditetapkan sebagai salah satu WBTB, pemerintah setempat bertanggung jawab atas empat pilar. Yakni pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pelestarian. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Sanggar Seni Kaloka ini,” jelas Bayu, Jum’at (16/12/2022).

Tari Grombyang Pemalang juga pernah ditampilkan di Event bergengsi Pendopo Agenda Gendhon Humardani Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Solo dalam acara Pagelaran Seni Jawa Tengah Pesona Mutiara Jawa 2022 pada 12 Oktober 2022 yang lalu. (RedG).

Komentar

Tinggalkan Komentar