Wonogiri – Tari Oklek asli dari Desa Tlogoharjo Kecamatan Giritontro turut memeriahkan dalam upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sengkuyung Tahap III tahun 2018 Kodim 0728/Wonogiri di lapangan Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri, Senin (15/18).

 

Tari Oklek sengaja dihadirkan berikut ditampilkan sebagai upaya melestarikan budaya kesenian tradisional. Tari oklek merupakan tarian tradisional dari Desa Tlogoharjo yang merupakan organisasi keamanan yang mempunyai fungsi peran dalam mengamankan desa, tari oklek dimainkan dengan gerakan-gerakan lemah lembut dan gemulai diiringi dengan musik gamelan yang mendayu serta beraturan, mampu mengundang decak kagum para tamu undangan dan seluruh masyarakat.

Heru Prayitno selaku Kepala Desa Tlogoharjo menyampaikan visinya adalah melestarikan dan mempertahankan kesenian adiluhung, yang merupakan kesenian warisan bangsa atau daerah sendiri. Harapannya tentu instansi terkait dapat lebih memberikan perhatian maupun pembinaan terhadap kesenian ini, guna meningkatkan kualitas berksenian masyarakat setempat.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bibit tanaman pohon yang di serahkan langsung oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo kepada dua orang perwakilan dari warga Desa Tlogoharjo. (RedG)

Tinggalkan Komentar