UMKM Rambak Kulit Cipta Rasa Terbantu Dengan Aneka Mesin Dari Tim Pengabdian UNDIP

Kendal - Kabupaten Kendal memiliki makanan khas yang menjadi produk unggulan. Salah satu produsennya adalah UMKM Kerupuk Rambak Kulit Kerbau Cipta Rasa milik bapak Sutego yang beralamat di RT 01 RW 01 Desa Penanggulan Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal.

 

UKM Kerupuk Rambak Kulit Kerbau Cipta Rasa Penaggulan merupakan suatu usaha industri potensial dengan kapasitas 1 ton / 6 bulan. Kapasitas tersebut dirasa kurang optimal karena adanya kendala pada proses produksi. Namun demikian, proses produksi kerupuk rambak di industri Kerupuk Rambak Cipta Rasa sampai saat ini masih memiliki beberapa kendala yang sangat berarti. Salah satunya adalah pada proses pemberian bumbu pada kerupuk kulit kerbau masih menggunakan proses manual sehingga prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama dan pemberian rasa yang tidak merata.

Sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim pengabdian UNDIP yang diketuai oleh Satriyo Adhy menerapkembangkan teknologi produksi berupa mesin pembumbu kulit kerbau mekanis otomotis yang dilengkapi dengan motor pengaduk, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas UKM Kerupuk Rambak Cipta Rasa dan meningkatkan cita rasa dari kerupuk yang akan diproduksi.

Kendala lain yang dihadapi produsen kerupuk rambak adalah pada UKM Kerupuk Rambak Dwi Joyo, masih menggunakan peralatan yang sangat sederhana, terutama alat untuk menghilangkan minyak setelah penggorengan. Alat untuk meniriskan minyak masih manual atau konvensional menggunakan kertas minyak sehingga tidak semua minyak terangkat dari kerupuk yang akan menyebabkan cepatnya proses ketengikan.

Untuk itu, agar produktivitas meningkat, tim pengabdian masyarakat dari UNDIP menerapkan teknologi berupa mesin spinner. Pengujian terhadap keandalan alat proses telah dilakukan untuk mengetahui tingkat cita rasa kerupuk dan daya tahan kerupuk rambak. Parameter yang digunakan untuk mengukur hasil produksi dan keragamannya adalah kualitas produk kerupuk rambak (citarasa), kecepatan proses alat mesin pemotong mekanis otomatis dilengkapi dengan motor pengaduk dan alat mesin spinner, dan waktu proses. Penerapan kedua mesin tersebut telah menjadikan pemiliknya merasa terbantu dan meningkat produktivitasnya. (RedG)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *