oleh

UMKM Pemalang Tampilkan Produknya di Pameran Inacraft 2023

Jakarta –  Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Pemalang merupakan satu diantara 1.213 booth atau tenant pengrajin dari seluruh Indonesia yang ikut pameran di The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Rabu sampai  Minggu, (1-5 Maret 2023).

Kabupaten Pemalang bukan kali pertama ikut dalam pameran terbesar di Asia Tenggara ini. Ketua Dekranasda Kabupaten Pemalang, Shanti Rosalia Mansur Hidayat menyampaikan Pemalang selalu hadir berpartisipasi pada gelaran Inacraft ini dan selalu mendapat tempat di hati masyarakat.

“Pada gelaran Inacraft Oktober lalu, langsung ada pemborong dari luar negeri. Sekarang kita bawa ada beberapa produk seperti wayang golek aneka ragam kerajinan kulit, sarung goyor, dan produk limbah kayu teh,” terang Shanti.

Pengunjung yang akan melihat produk Pemalang bisa datang di Stand Dekranasda Kabupaten Pemalang berada di Hall B No 28 Pameran Inacraft Jakarta Convention Center.

Pemerintah, menurut Shanti selalu mensuport kegiatan ini melalui Dinas Koperasi , Perindustrian, dan Perdagangan. Dengan mengikutsertakan kerajinan dari Pemalang melalui seleksi secara bergantian agar semua produk bisa dipajang di kegiatan pameran.

Mengusung tema “The Authentic South Sulawesi”, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mewakili Presiden Joko Widodo dalam Opening Ceremony Inacraft 2023 mengungkapkan bahwa Inacraft tahun 2019 berhasil mencapai transaksi hingga 140 milyar rupiah.

Namun pelaksanaan Inacraft ditahun 2022 pasca pandemi hanya mencapai 57 milyar rupiah. Menurut sandiaga ini merupakan tugas kita bersama untuk kembali lagi ke angka sebelum pandemi.

“Melalui Inacraft ini kita harapkan bisa mempromosikan bukan hanya di dalam negeri tapi juga produk-produk ekonomi kreatif Indonesia bisa mendunia.” tutur Sandiaga.

“Bapak Presiden sangat menaruh perhatian untuk acara Inakraft ini, karena sebelumnya beliau adalah peserta, beliau adalah pengusaha UMKM yang dulu ekspor dan difasilitasi oleh kegiatan seperti inakraft ini.” tutur Sandiaga.

Baca Juga  Paskhas TNI AU Bagikan 2.225 Takjil dan Nasi Kotak Untuk Warga Berbuka Puasa

Kemudian Ketua Umum Asosiasi Exportir dan Produsen Handicraft Indonesia, Muchsin Ridjan selaku penyelenggaran menargetkan gelaran Pameran Inacraft tahun ini mencapai 170.000 pengunjung dengan transaksi mencapai 145 milyar rupiah.

Adapun menurut Muchsin dalam laporannya tahun ini Inacraft diikuti oleh 1.200 peserta dengan 1.213 booth menempati hampil seluruh tempat di Jakarta Convention Center.

Opening Ceremony Inacraft 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center digelar menarik dengan menampilkan kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketum Asephi Muchsin Ridjan, turut hadir pula MenkopUKM Teten Masduki, Gubernur Sawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman serta tamu undangan Kepala Daerah di Indonesia(RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar