oleh

UMKM dan Kewirausahaan Jadi Andalan Pemulihan Ekonomi Nasional

Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, akibat adanya pandemi Covid-19 di sepanjang tahun 2020 ini membuat seluruh sektor mengalami kesulitan, terutama bagi sektor Koperasi dan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM), baik dari sisi supply maupun demand. Kendati begitu, sektor UMKM dan kewirausahaan masih menjadi kunci utama pemulihan ekonomi nasional.

“Hal ini utamanya disebabkan adanya pembatasan interaksi fisik yang menyebabkan perubahan perilaku dan juga pola konsumsi konsumen,” kata Teten saat menjadi Keynote Speaker Pada Webinar Outlook 2021 dengan Tema “Outlook 2021 Adaptasi dan Transformasi KUMKM”, Selasa (29/12/2020).

Adapun tantangan yang akan dihadapi dan perlu diantisipasi selain dampak kesehatan dan perlambatan pertumbuhan ekonomi sekarang ini, menurut Teten yaitu bertambahnya angka kemiskinan.

Dalam skenario sangat berat, kata Teten, kemiskinan diprediksi akan bertambah 4,86 juta orang sebagaimana data Kemenkeu, 2020. Berikut angka pengangguran yang diperkirakan bertambah 9,77 juta orang, dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) mencapai 7,07% sesuai data BPS pada 2020.

Untuk menekan hal tersebut, Teten menegaskan, sektor UMKM dan kewirausahaan masih menjadi kunci pemulihan ekonomi nasional selama mampu beradaptasi dan bertransformasi. “Hal ini karena proporsi UMKM yang mendominasi populasi pelaku usaha di Indonesia hingga 99%,” imbuhnya.

Saat ini, lanjut mantan Kepala Staf Kepresidenan ini, bahwa Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM mempunyai program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang telah memberikan stimulus sebesar Rp123,46 triliun kepada Koperasi dan UMKM agar tetap dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19.

“BanPres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) juga telah diluncurkan dengan sasaran kepada 12 juta pelaku usaha mikro, berupa hibah modal kerja sebesar Rp2,4 juta per orang telah tersalurkan 100% serta KUR Super Mikro untuk plafon di bawah Rp10 Juta dengan bunga 0%,” ungkapnya. (RedG/Ong)

Baca Juga  Jahe Merah Pulung Hangat dan Sehatkan Badan

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed