oleh

Uji Krida Saka Wira Kartika Raden Mas Said Resmi Ditutup

Wonogiri- Sebanyak 92 peserta anggota Saka Wira Kartika Raden Mas Said setelah menjalani pendidikan dan pelatihan Uji Krida selama 3 hari, di lingkungan Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri, resmi ditutup Minggu sore (17/3/19).

Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh melalui Pinsaka Wira Kartika Raden Mas Said tingkat cabang Wonogiri Kak Serma Gatot Hariyanto menyampaikan, bahwa satuan karya Pramuka Saka Wira Kartika merupakan salah satu satuan karya Pramuka yang bersifat nasional Satuan Karya (Saka), yang dibentuk melalui kerjasama antar Kwartir Nasional dengan TNI-AD. Ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara, melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang Matra Darat, untuk membentuk Patriot Bangsa yang setia berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan NKRI.

“Perlu kita ketahui bersama, bahwa kegiatan kepramukaan bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan, agar mempunyai kepribadian yang disiplin, kuat, semangat, pantang menyerah, inovatif dan berwawasan, bekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa,” tambah Kak Gatot.

“Saya berharap setelah selesainya kegiatan ini agar generasi muda menjadi manusia-manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi sebagai generasi penerus.” pungkasnya.

Kegiatan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika Kodim 0728/Wonogiri akan menjadi agenda tetap untuk menambah ilmu tentang Saka Wira Kartika, yang memiliki 5 Krida, yaitu Krida Navrat, Krida Pionnering, Krida Mountennering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana Alam.

Pada kesempatan itu kak Serma Gatot Hariyanto menyerahkan Vandel penghargaan kepada Pangkalan Terbaik adalah Pangkalan Kodim/0728 Wonogiri, Pangkalan Tergiat yaitu Pangkalan Koramil 14/Jatisrono dan Pangkalan teraktif oleh Pangkalan Koramil/19 Purwantoro.

Baca Juga  Suasana Akrab Saat Panen Padi

Sebut Ananda Gress dari SMKN 2 Wonogiri sebagai peserta terbaik putri dan Khoirul Rachmad Afandi dari SMAIT sebagai peserta terbaik putra saat dijumpai mereka menuturkan “saya begitu gembira bergabung bersama teman-teman dari saka di Wonogiri, yang telah bergabung di Saka Wira Kartika Raden Mas Said Kodim 0728/Wonogiri, sehingga dapat bersilaturahmi dengan para pembina, para Instruktur juga teman-teman dan wawasan yang lebih banyak”, tuturnya.

Ditambahkan Khoirul “setelah selesainya Uji Krida, banyak sekali yang saya dapatkan sebagai bekal dalam belajar serta membuat pribadi saya lebih disiplin, berwawasan juga lebih percaya diri,” tutupnya. ( RedG )

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed