oleh

Tutup Buku Gapoktan Desa Sedayu

Wonogiri-Bertempat di balai Desa Sedayu telah diadakan acara tutup buku gapoktan “Sedayu Mulyo” dan rembug tani,Kamis (17/1) kemarin.

Hadir dalam kegiatan Camat Pracimantoro Warsito, Koordinator PPL Kecamatan Pracimantoro Ahmad Safrudin beserta 4 anggota PPL,Kepala Desa Sedayu Happy Kurniawan, Babinsa Desa Sedayu Serda Sarmono dan tamu undangan lain.

Happy Kurniawan selaku Kades Sedayu menyampaikan selaku penanggung jawab dia berharap untuk rembug tani seperti ini akan diadakan 2 bulan sekali, yang mana bertujuan agar kita semua terutama poktan yang ada di dusun-dusun bisa menyampaikan aspirasi para petani dan mencari solusi pemecahan kesulitan yamg terjadi pada petani kita. Posluhdes supaya lebih giat dan aktif lagi memberi penyuluhan kepada gapoktan dan kelompok tani dengan jiwa yang ikhlas dan tanpa pamrih.

Ahmad safrudin selaku coordinator PPL Kecamatan juga menambahkan gapoktan adalah suatu ormas desa untuk membantu pemdes tentang kemajuan pertanian desa dimna semua permasalahan diharap dipecahkan melalui rembug tani seperti yang kita laksanakan saat ini. Yang dijembatani oleh poktan yang ada ditiap-tiap dusun,untuk gapoktan setiap ada kegiatan harus selalu koordinasi dengan petugas posluhdes.

“Untuk petugas posluhdes jangan bosan-bosan untuk mengawal mengawasi dan memberi penyuluhan kepada para petani melalui pemberdayaan gapoktan dan poktan yang ada didsn,oleh karena itu mohon untuk kepala desa menganggarkan dari dana desa untuk kegiatan posluhdes,” tegasnya.

Serda Sarmono selaku Babinsa menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini dia berharap apa saja yang masih mengganjal dan yang belum diketahui silahkan bertanya kepada yang lebih berkompeten didalamnya. Masalah pupuk dtidak ada kendala selama tahun 2018 kemarin apakah kartu tani sudah memiliki semua. Semua itu para pengurus poktan harus tau karena para poktan inilah yang menjadi ujung tombak bagi posluhdes dan gapoktan.

Baca Juga  Sosialisasi Pembaharuan KK dan Penerbitan Akta Kematian

“Saya mghimbau mari kita bersama-sama bantu petani kita apabila ada suatu hal atau kendala jangan segan-segan bertanya kepada Kades, kepada ketua gapoktan dan petugas posluhdes, mari kita maanfaatkan sumber daya alam yang ada sekarang musim hujan manfaatkan bercocok tanam yang sesuai dengan kondisi tanah yang ada, jangan memaksakan tanam yang bisa merugikan para petani, dan jangan sia-siakan koperasi yang sudah ada dimana gapoktan kita sudah bisa menanam modal dan itu dari petani oleh petani dan untuk petani,” tutupnya. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed