oleh

Tradisi Ruwahan Sambut  Bulan Suci Ramadhan di Beji 

Pemalang – Ruwahan merupakan salah Satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Jawa untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Tradisi ini biasanya dilakukan beberapa hari sebelum masuknya bulan Ramadhan. Selama acara Ruwahan, masyarakat biasanya membersihkan rumah dan halaman serta menyediakan makanan untuk berbuka puasa bersama-sama, Minggu (25/2/2024)

Selain itu, Ruwahan juga diisi dengan doa bersama, membaca Al-Qur’an, dan kegiatan keagamaan lainnya. Tradisi ini mencerminkan keinginan untuk memulai bulan Ramadhan dengan hati yang bersih dan penuh kebaikan. Meskipun tradisi ini khususnya dikenal di Jawa

Hal disampaikan oleh Ustadz Bahrudin disela sela ceramahnya bahwa,” pendekatan untuk menyambut bulan Ramadhan dengan kebersihan, persiapan spiritual, serta hati yang tulus

” Serta meminta dengan waktu yang tepat yaitu dengan 1/malam ,bahwa waktu tersebut adalah waktu yang mustajab ,pungkasnya.

Masyarakat kelurahan beji yang sampai saat ini tetap menjaga tradisi ini dengan baik ,walaupun hanya beberapa warga dilingkungan tertentu saja ,seperti di lingkungan 3 Rt 02 Rw 08 ini terlebih keguyupan warganya dengan tradisi nyadran untuk disajikan dengan mendoakan dengan baik  (RedG/Rokhim)

Komentar

Tinggalkan Komentar