Wonogiri – Babinsa Jajaran Kodim 0728/Wonogiri, salah satunya yaitu Koramil 19/Purwantoro melakukan monitoring dan evaluasi penanaman kedelai serta melakukan penanaman secara simbolis di lahan milik Kardi yang tergabung dalam kelompok tani Nyipto Rejeki yang di ketuai oleh Mulyono, bertempat di Dusun Bangsri Desa Bangsri Kecamatan Purwantoro, Jum’at, (6/7).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antata lain dari kementan Sri Suhartini, Dispertan Kabupaten Wonogiri Sidiq, PPL Purwantoro Purwadi, Babinsa Serka A. Taufiq, dan Serda kemis, Kades H. Sariyanto.

Kegiatantersebut dilakukan berdasarkan instruksi dari kementan untuk melaksanakan pengecekan sawah atau ladang yang mulai mengering yang diakibatkan musim yang tidak menentu. Para petani diminta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman terutama padi, jagung dan kedelai (Pajale) di wilayah binaan masing-masing.

“Upaya yang dilakukan Kementan yakni akan menggelar sosialisasi desa, menghimbau kepada warga (petani) untuk sementara mengatasi dengan pengairan dari sumur pantek yang ada guna untuk lahan bisa mendapatkan air yang cukup untuk pengairan sawah atapuan ladang yang sudah ditanami, ” jelas Sri Suhartini (kementan).

“Ini kita laksanakan guna mendukung Swapang agar semua tanaman baik padi, jagung, kedelai atau tanaman lainnya yang telah ditanam tidak mengalami kekeringan yang berdampak langsung juga Kepada para petani yang mana mengalami kerugian,” tambah Sri Suhartini.(RedG Aris)

Tinggalkan Komentar