oleh

TNI Rakyat Tidak Bisa Dipisahkan

Wonogiri-Kemanggualan TNI dengan warga masyarakat sudah tidak asing lagi di telinga dan diberbagai mediasosial. Tidak terkecuali di lokasi TMMD Reguler 102 Kodim 0728/Wonogiri, Desa Sukoharjo Kecamatan Tirtomoyo, juga sudah viral terpublikasikan.

 

Gambaran kebersamaan antara dua kalangan, juga terlihat bukan hanya dalam aspek pekerjaan fisik TMMD saja, melainkan di sela-sela waktu istirahat pun terjalin suasana keakraban yang begitu kental terasa.

Selama TMMD berlangsung hingga menjelang penutupan, Anggota Satuan Tugas TMMD yang menginap di rumah-rumah penduduk desa. Dari situ, TNI dan rakyat semakin erat hubungan emosionalnya. Prajurit TNI bukan saja pula menginap, namun mereka juga sering memasak dan makan bersama-sama di masing-masing rumah warga ataupun dilokasi pekerjaan TMMD.

Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh selaku Dansatgas, melalui Pelda Dedi Kurnia salah satu anggota yang tergabung dalam Satgas TMMD mengungkapkan, TNI tidak bisa dipisahkan dari rakyat Indonesia. Keberadaan TNI dari awal kelahiran selalu bersama rakyat.

“Sejarah mencatat, Panglima Besar Jenderal Sudirman perang gerilya melawan musuh NKRI dilakukan bersama-sama dengan rakyat. Itulah cikal bakal, TNI lahir dan tidak bisa dipisahkan dengan rakyat,” ujarnya, Selasa (7/8/).

Lebih lanjut disampaikan, TMMD juga bagian dari implementasi kemanunggalan TNI dengan rakyat, karena itu TNI harus turun ke desa-desa dan dusun untuk ikut serta memajukan Indonesia dari wilayah pedesaan.

“Seluruh personel yang terlibat dalam TMMD tidur di rumah-rumah penduduk, termasuk logistik yang memasak dilakukan oleh masyarakat,”ungkapnya.

“Ini sebagai bentuk kebersamaan dengan masyarakat dan tidak setiap saat kita memiliki momen seperti makan bersama berbaur penuh kekeluargaan,”ucap Pelda Dedi.

Mbah Nur selaku ketua RW Dusun Dadapan mengungkapkan, kebersamaan TNI di lokasi TMMD bersama warga merupakan simbol kemanunggal TNI dengan rakyat.

Baca Juga  Panen Cabai Ratusan Kilo di Desa Gumiwang Lor

“TNI tidak bisa dipisahkan dari rakyat karena inti kekuatan pertahanan NKRI terletak pada kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tutupnya. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar