Pacitan- Sampai finish dengan aman dan selamat, itulah program (Rutilahu) Rumah Tidak Layak Huni yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL). Start yang dimulai dari tanggal 1/10/2020 lusa, kini telah selesai dengan hasil maksimal 100 persen.

Pelda Pom Rahmat Hidayat, Komandan pos TNI AL di Pacitan menjelaskan bahwa program Rutilahu ini merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang ditujukan untuk masyarakat Pacitanmelalui TNI AL.

Karya bakti TNI AL, Rutilahu merupakan salah satu bentuk bantuan kegiatan sosial penanganan fakir miskin yang di selenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam hal ini TNI AL dengan tujuan meningkatkan taraf hidup kualitas tempat tinggal fakir miskin melalui Renovasi kondisi rumah yang tidak layak huni dengan prioritas atap,lantai dan dinding.

“Ini merupakan program dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dalam hal ini TNI AL di Kabupaten Pacitan untuk merenovasi rumah tidak layak huni dan Alhamdulillah kita,TNI AL bersama-sama dengan masyarakat sekitar yang mendapatkan program tersebut sejak di mulai pada bulan Oktober lalu, saat ini telah mencapai fhinis dengan aman dan selamat,” terang Pelda Pom Rahmat Hidayat, Minggu,15/11/2020.

Program Rutilahu di Kabupaten Pacitan tersebut ada di 5 desa, di 3 Kecamatan, se-Kabupaten Pacitan antara lain Desa Kembang,Desa Sukoharjo, Kecamatan Pacitan, Desa Kalak, Desa Donorojo, Kecamatan Donorojo dan Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku.

Setrategi TNI AL dalam melaksanakan tugas mulia ini tidaklah asal saja, pasalnya semua memakai data yang di dapatkan dari pemerintah tingkat desa setempat dan tidak tinggal diam, survey pun juga di lakukan secara home to home.

“Sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai.Kami dari pihak TNI AL melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah tingkat desa setempat dan juga meminta informasi serta data, kita menanyakan juga siapa warga yang tidak mampu, selanjutnya kita juga mengadakan survey ke lokasi rumah warga sesuai dengan data yang sudah kita dapatkan,” ungkapnya.

Perlu dimengerti, bahwa program ini tidaklah berhenti di atas kesuksesan pertama maupun kedua, program ini akan terarah, terpadu dan berkelanjutan.yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa timur dalam hal ini TNI AL dalam bentuk bantuan, kebijakan, program kegiatan pemberdayaan, pendampingan dan memberikan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara.

Tidak sendiri,TNI AL.Dalam program Rutilahu ini juga di bantu oleh masyarakat dan juga para pamong desa sekitar, sesuai dengan jargonya TNI kuat bersama rakyat.

“Alhamdulillah program ini berjalan dengan lancar dan selamat,tanpa ada halangan suatu apapun medan di pacitan untuk pendistribusian material pun bisa kita lalui dengan mudah dan aman,kita memang tidak sendirian dalam menuntaskan program Rutilahu ini.ada masyarakat dan juga para pamong desa sekitar yang ikut berpartisipasi tenaga, sehingga kebersamaan ini membuat kita lebih dekat lebih kuat bersama rakyat,” terang Rahmat Hidayat.

Terpisah Mahfud(42),salah satu masyarakat Dusun Karang,Desa Kembang mengucapkan rasa terima kasih kepada TNI AL yang telah merenovasi rumah nya dari keadaan pertama yang begitu minim, kini bak disulap menjadi rumah layak huni.

“Terimakasih yang sangat banyak kepada TNI AL telah memberikan pelayanan kepada rakyat yang kurang mampu, sehingga rumah kami yang awalnya hanya sebatas bisa untuk berteduh.sekarang kami lebih lagi merasakan kenyamanan, semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmatnya untuk TNI AL,” ungkap Mahfud.

Tinggalkan Komentar