oleh

Tito Minta Pemda Evaluasi Program Pengendalian Penyebaran Covid-19

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian meminta Pemerintah Daerah (Pemda) mengevaluasi program pengendalian penyebaran Covid-19. Hal ini disampaikan Tito dalam dialog nasional bersama Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) secara virtual, Senin (21/1/2021).

Ia pun menyarankan Pemda membentuk tim yang ditugaskan untuk melihat kontributor penyebaran kasus di masing-masing daerah. Sehingga setiap program pengendalian penularan Covid-19 dapat dilaksanakan dengan efektif.

“Kalau kita melihat terjadi angka kenaikan, buat tim untuk mengetahui terjadinya peningkatan itu karena apa, karena daerah itu tidak sama. Oleh karena itu tiap-tiap kota itu memiliki tim yang bekerja untuk mendalami, mengevaluasi apa kontributor utama dari kenaikkan angka di daerah Bapak dan Ibu sekalian,” ujarnya.

Disamping itu, Tito juga meminta kepala daerah untuk menyisir wilayah-wilayah yang masih renda dalam penerapan protokol kesehatan. Seperti penyediaan tempat mencuci tangan di fasilitas umum, maupun tempat publik.

“Kemudian kepala daerah juga perlu mengkampanyekan untuk menjaga jarak. Terutama tempat-tempat yang rentan atau berpotensi menimbulkan kerumunan. jaga jarak ini bukan hanya kampanye tapi juga perlu ada kebijakan publik yang dibuat oleh para kepala daerah walikota yaitu dengan membuat di daerah tempat-tempat yang kerumunan,” imbuhnya.

Disamping evaluasi program pengendalian Covid-19, Tito mengatakan, upaya 3T, yakni testing, tracing, dan treatment juga mperupakan salah satu upaya utama penanganan Covid-19. (RedG/Ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar