oleh

Tingkatkan Penghasilan dengan Berternak Kelinci 

Pekalongan – Kreatifitas dan ketekunan dimasa pandemi bini sangat diperlukan. Terlebih mampu memberi peningkatan atau pemasukan secara ekonomi. Eko Winaryo dulunya berbisnis ternak sapi, semenjak Pandemi masuk di tahun 2020 dia banting setir menjadi peternak kelinci hias.

Pilihan Eko berternak kelinci karena kelinci pemeliharaannya lebih mudah dan tidak banyak menyita waktu, sehingga dapat dikerjakan setelah dia berdinas sebagai Babinsa di Koramil 19/Pekalongan Utara.

Anggota Kodim 0710 Pekalongan yang berangkat Sersan Kepala ini, memiliki kelinci jenis New Zealand sebanyak 90 ekor dewasa dan 26 ekor anakan kelinci hias yang di ternak di kandang berukuran kurang lebih 6 meter x 8 meter yang terletak di gang Widoro Kelurahan Kandang Panjang Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan.

Ditemui di kandang ternaknya tersebut serka Eko menjelaskan, dirinya mulai beternak kelinci sudah kurang lebih 1 tahun yang lalu saat pandemi covid-19 baru mulai masuk ke Indonesia. Dengan berbekal pengalaman dari teman peternak, akhirnya dirinya ikut mencoba hingga sukses seperti sekarang ini.

“Awalnya ternak sapi tapi gagal, akhirnya saya memilih ternak kelinci ini karena perawatan lebih mudah dan tidak menyita waktu saya dalam berdinas”,ungkap Serka Eko, Rabu(7/4/21)

Ditambahkan Serka Eko, untuk penjualan dirinya melalui media sosial dan dipasarkan di pasar-pasar di wilayah Kota Pekalongan, Pemalang dan Batang dengan harga yang bervariasi tergantung dari umur kelinci tersebut.

“Yang paling murah yaitu kelinci umur 1,5 bulan dengan harga 70 ribu rupiah sedangkan paling mahal bisa mencapai 500 ribu per ekornya”,jelasnya.

Dengan usaha sampingan yang saat ini ditekuninya tersebut, serka Eko mengaku bisa mendapatkan tambahan uang belanja per bulan berkisar 3-4 juta rupiah tergantung dari banyak sedikitnya hasil dari anakan yang keluar.

Baca Juga  Binsiap Apkowil Digelar Kodim 0710 Pekalongan

“Alhamdulilah, untuk omset penjualan antara 3 sampai 4 juta rupiah perbulan, jelas ini sangat membantu perekonomian keluarga saya”, pungkasnya.

Untuk menuju kesuksesan dalam dunia usaha apapun itu memang dibutuhkan inovasi, kreatifitas, keuletan serta ketekunan, dan itulah yang ditunjukan oleh Babinsa Kodim 0710/Pekalongan Serka Eko Winaryo selama ini.(RedG/Rus)

Komentar

Tinggalkan Komentar