oleh

Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Bangka Tengah Jalin kerjasama Dengan UBB

Babel — Dalam rangka meningkatkan kepedulian berbagai elemen masyarakat dalam pengawasan Pemilu Tahun 2024 ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) terus menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder, tak terkecuali dari kalangan akademisi. Untuk itu, guna meningkatkan peran aktif akademisi sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Bawaslu Kabupaten Bateng menjalin kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung (UBB).

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) inipun dilakukan pada Senin (09/01/2023) di Gedung Dekanat Fakultas Hukum UBB yang ditandatangani langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng, Robianto dan Dekan Fakultas Hukum UBB, Derita Prapti Rahayu.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum UBB, Derita Prapti Rahayu menyambut baik kerjasama antara Fakultas Hukum UBB dengan Bawaslu Kabupaten Bateng yang dinilainya dapat semakin memperkuat kerjasama yang telah terjalin sebelumnya dalam berbagai kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan melibatkan Fakultas Hukum UBB guna meningkatkan peran partisipasi masyarakat. “Kerjasama Fakultas Hukum UBB dengan Bawaslu Kabupaten Bateng telah terimplementasikan dengan kolaborasi yang dibangun dalam memberikan edukasi kepemiluan melalui berbagai kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif,” tuturnya.

“Semoga kerjasama yang telah ditandatangani hari ini terus dapat diimplementasikan dan berlanjut, dengan kolaborasi program, baik dari program Fakultas Hukum UBB yang dapat masuk ke dalam program Bawaslu Kabupaten Bateng maupun program yang telah dirancang Bawaslu Kabupaten Bateng dapat kita implementasikan bersama-sama,” tambah Derita.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng Robianto yang turut didampingi Anggota Bawaslu Kabupaten Bateng, Muhamad Utoyo dan Wahyu Tri Buwono mengungkapkan keinginannya untuk dapat membangun kesepahaman bersama yang sudah lama terencana dan akhirnya dapat terealisasikan. “Dengan terjalinnya kerjasama ini kami berharap Fakultas Hukum UBB dapat mendukung berbagai program kerja yang dimiliki Bawaslu Kabupaten Bateng, seperti peningkatan edukasi dalam proses hukum penanganan pelanggaran Pemilu, sehingga Pemilu ini dapat berjalan lebih baik lagi,” ujarnya.

Baca Juga  Polres Bangka Barat Sambut Tim Wasops Mantap Praja Menumbing Tahun 2020

Lebih lanjut, Robianto mengungkapkan bahwa Bawaslu Kabupaten Bateng selalu menyambut baik setiap kerjasama dengan Perguruan Tinggi maupun Universitas karena ada ruang tertentu yang tidak bisa disentuh secara maksimal oleh pihaknya, namun dapat dimaksimalkan dengan adanya kerjasama bersama pihak Universitas ataupun Perguruan Tinggi melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kami memiliki berbagai program pengawasan partisipatif, seperti Gardu Pengawasan yang sebelumnya kami jalin kerjasamanya dengan Pertiba. Program ini tentu dapat juga kita disinergikan dengan melibatkan peran adik-adik mahasiswa Fakultas Hukum UBB. Dengan pendekatan yang mahasiswa bangun dapat memberikan pencerahan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan masyarakat. Selain itu, kami juga ada program kegiatan Sambang Pengawasan, Forum Warga, Jelajah Pengawasan dan Forum Warga yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di lapangan ,” imbuhnya seraya berharap program-program tersebut dapat disinergikan pelaksanaannya bersama Fakultas Hukum UBB.

Kami berharap kedepannya ada diskusi-diskusi lebih lanjut terhadap ruang-ruang tersebut yang bisa kita manfaatkan dalam bentuk kerjasama yang rill di lapangan,” harap Robianto (RedG//**)

Komentar

Tinggalkan Komentar