oleh

Tingkatkan Kemampuan Pramuli Kwarcab Banyumas Latihan Rappelling

-Banyumas-14 views

BANYUMAS-Pramuka Peduli (Pramuli) Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas menggelar latihan Rappeling. Latihan itu diikuti 40 anggota Pramuka Peduli di Jembatan Sungai Logawa Grumbul Sokaciri Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.

Rappeling merupakan kegiatan turun dari ketinggian menggunakan peralatan mountaineering seperti karnmantel, tali body, figur, karabiner dan alat-alat semacamnya. Biasanya kegiatan repling ini banyak dilakukan militer, tim SAR, pencinta alam untuk menuruni medan yang curam.

Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas Heriana Ady Candra mengatakan, latihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan anggota Pramuli sekaligus merefreshing materi yang pernah diajarkan saat mengikuti pendidikan dan pelatihan Pramuka Peduli.

“Kalau dalam pelatihan sebelumnya turun tebing yang curam, kali ini turun jembatan dengan posisi kepala dibawah,” katanya.

Menurut Ady Candra kegunaan dari pelatihan ini adalah untuk evakuasi jika ada korban yang berada diketinggian.

“Misalnya ada korban di ketinggian, termasuk misalnya ada orang yang naik tower caranya dengan rappeling ini. Kemampuan teknik penyelamatan akan berguna khususnya bagi diri sendiri anggota. Artinya, anggota juga perlu memperhitungkan keselamatan dirinya dan orang lain yang diselamatkan, guna meminimalisir jumlah korban akibat kecelakaan dan bencana” katanya.

Ady Candra menambahkan sebenarnya anggota Pramuka Peduli ini sedang mengikuti Pengamanan Natal dan Tahun mulai 21 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021. Namun karena kondisi di Banyumas aman dan kondusif anggotanya diajak untuk latihan rappeling sekaligus refreshing. Dan yang tidak kalah penting di latihan ini adalah pemupuk kekompakan dan semangat anggota.

“Ini sekaligus melatih mental dan menanamkan karakter karena dilatih kedisiplinan dan kepatuhan dalam keamanan diri dalam berlatih. Sekaligus mengasah kemampuan mereka,” lanjutnya

Salah satu peserta, Amanda (16 tahun) mengaku degdegan saat menjalani latihan karena hal baru yaitu rappeling dengan kepala dibawah.

Baca Juga  Kapolresta Banyumas Bersama Bupati Lakukan Razia Perbatasan, Putus Rantai Penyebaran Corona

“Degdegan karena hal baru, semoga dengan latihan ini bisa menambah ketrampilan, sehingga kedepan bisa bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun untuk menolong orang lain,” katanya.(RedG/Parsito/kamal)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed