oleh

Timbang Di Posyandu, Acuan pertumbuhan Balita

Salatiga – Penimbangan merupakan langkah awal dalam kegiatan utama program perbaikan gizi anak. Hal ini sebagai upaya masyarakat dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.seperti yang dilaksanakan di Posyandu desa Jlumpang kecamatan Bringin kabupaten Semarang,Senin (22/01)

Serda Hadi Babinsa Jlumpang sebagai Motivator KB bersama Petugas PLKB dan Bidan ikut mendampingi ibu- ibu yang menimbangkan Balitanya,sekaligus mendapatkan pelayanan kesehatan di Posyandu tersebut.

Dikatakan oleh Hadi “Penimbangan yang rutin diadakan setiap bulan di Posyandu dan sarana lainnya ini bertujuan untuk mengetahui apakah bayi atau balita tumbuh sehat, mengetahui dan mencegah gangguan pertumbuhan, mengetahui bila balita sakit, kelengkapan imunisasi dan mendapatkan penyuluhan gizi.

“Tak hanya sebagai data acuan, penimbangan juga dilakukan untuk mengukur berat badan bayi saat lahir dan masuk rumah sakit. Ini bertujuan untuk mengindentifikasi dan mengantisipasi masalah berat lahir rendah, serta penghitungan dosis dan jumlah cairan yang diperlukan oleh bayi atau balita, imbuhnya

Anak bisa dikatakan sehat jika seiring bertambahnya umur maka akan bertambah pula berat badannya. Selain itu, persentase balita yang naik timbangannya dapat menggambarkan tingkat kesehatan balita di wilayah tersebut.

Beberapa hal bisa berpengaruh, misalnya pengetahuan keluarga tentang kebutuhan gizi balita, penyuluhan gizi masyarakat dan ketersediaan pangan di tingkat keluarga.(Yudha99-Pendim0714)

Komentar

Tinggalkan Komentar