oleh

Tim Pengabdian Undip, Bantu Tingkatkan Produktivitas Pasca Panen Pengolahan Kopi Gurilang

Pemalang  – Tim Pengabdian Masyarakat Undip Semarang yang terdiri dari Dr. Heni Rizqiati, S.Pt, M.Si, Fahmi Arifan, S.T, M.Eng, drh. Siti Susanti, Ph.D. dan Ir. Murni M.T. membantu petani kopi Gurilang Desa Gunungsari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang

Tim Pengabdian Masyarakat Undip Semarang yang terdiri dari Dr. Heni Rizqiati, S.Pt, M.Si, Fahmi Arifan, S.T, M.Eng, drh. Siti Susanti, Ph.D. dan Ir. Murni M.T. membantu petani kopi Gurilang Desa Gunungsari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang

melalui program Iptek Desa Binaan Undip (IDBU). Program yang dilaksanakan di Desa Gunungsari ini diakhiri dengan penerapan teknologi tepat guna berupa alat pengupas kulit tanduk kopi/Huller.

“Penerapan teknologi tepat guna ini merupakan bentuk bantuan dari Undip kepada petani kopi desa Gunungsari dengan tujuan meningkatkan produktifitas pasca panen dalam pengolahan kopi Gurilang. Dengan dukungan dari Universitas Diponegoro kami bekerjasama dengan mitra dan petani desa Gunungsari” Jelas Dr. Heni Rizqiati, S.Pt, M.S selaku ketua tim pengabdian, Senin (30/11).

Mitra dalam pengabdian ini adalah Kelompok Tani Kopi Gurilang yang masih terkendala dalam proses pengupasan kulit buah kopi, yang membutuhkan waktu yang lebih lama (pengupasan kulit buah masih manual menggunakan tenaga manusia untuk memutar alat pengupas), perlunya biaya tambahan untuk memindahkan buah kopi dari kebun ke perumahan dan kulit buah kopi hasil pengupasan menjadi busuk dan berbau dalam jangka waktu lama dalam pengolahan pascapanen tanaman kopi.

Adanya permasalahan tersebut, maka dengan penerapan teknologi tepat guna berupa alat pengupas kulit kopi ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan nilai tambah, kualitas maupun daya saing produk mesin-mesin teknologi tepat guna pascapanen kopi yang dihasilkan.(RedG/FA)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed