oleh

Tim KKN UPGRIS 2020 Ikut Serta Laksanakan Kegiatan Posyandu Lansia

Jepara – Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang 2020 di desa Petekeyan membantu kegiatan yang dilaksanakan oleh ibu kader posyandu desa Petekeyan. Dalam acara ini ibu kader posyandu mendatangkan warga yang sudah berumur lansia guna mengecek kesehatan warga terutama pemeriksaan darah pada lansia.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di balai desa Petekeyan (7/2/2020).

“Melalui kegiatan ini saya juga ingin mengetahui kondisi kesehatan mbah-mbah terutama penyakit yang ada hubungannya dengan darah” tutur koordinator posyandu lansia.

Sebelum warga dicek kesehatannya, mahasiswa KKN mengajak lansia yang datang untuk senam yang diinstrukturi oleh Fiska. Tujuan dilaksanakannya senam untuk menambah semangat lansia dalam melaksanakan pemeriksaan ini, serta memberikan rileksasi dalam tubuh warga sehingga memudahkan kader posyandu untuk memudahkan pemeriksaan tersebut.

Pada pelaksanaannya, beberapa warga diindikasi memiliki riwayat darah rendah, serta sering kali penyakit yang dialami beberapa lansia yakni pegal-pegal, batuk. Namun, beberapa warga memiliki riwayat darah tinggi, sehingga koordinator posyandu lansia merujuk ke puskesmas kecamatan tahunan.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak karena telah membantu warga desa Petekeyan untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka secara gratis tanpa dipungut biaya apapun untuk mendapatkan obat yang dibutuhkan. (RedG/KKN UPGRIS)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed