oleh

Tim Damkar Wonogiri Evakuasi Sarang Tawon Vespa di Desa Sonoharjo

Wonogiri – Mendapati laporan dari pihak PT Alam Manis Indonesia di Desa Sonoharjo, Kecamatan Wonogiri tentang adanya sarang Tawon Vespa Affinis di tempat penghasil glukosa tersebut, pihak Pemadam Kebakaran Wonogiri langsung melakukan proses evakuasi, Sabtu (7/3).

Seperti yang kita ketahui kini tugas pemadam kebakaran tidak hanya memadamkan kebakaran namun juga proses evakuasi sarang tawon, ular dan biawak.

Tri Budi Santoso, komandan regu pemadam kebakaran, Minggu (8/3) mengatakan pihaknya menurunkan satu unit regu damkar yang beranggotakan 5 personel guna melakukan proses evakuasi.

“Proses evakuasi berjalan lancar, prosesnya memakan waktu sekitar 1 jam,” katanya.

Jenis tawon vespa affinis atau masyarakat awam menyebutnya tawon kelang, menurut Tri Budi Santoso jenis tawon tersebut sangat berbahaya jika menyengat, karena memasukan racun ke dalam tubuh manusia.

“Jika korban tersengat, dia akan mengalami gangguannya mulai dari gangguan saluran pencernaan seperti mual, muntah, diare, dan kram perut. Sengatan juga bisa menyebabkan gangguan napas seperti sesak. Bahkan reaksi hipersentif langsung yaitu syok anafilaksis dapat mengancam jiwa, dan harus segera mendapatkan pertolongan dari pihak medis,” bebernya.

Tri Budi Santoso menghimbau masyarakat harus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak pemadam kebakaran jika menemukan adanya sarang tawon, aneka binatang berbahaya dan tentunya bencana kebakaran.

“Masyarakat jika menemukan sarang tawon apalagi jenis yang mematikan segera melapor kepada pemadam kebakaran, kami akan datang mengevakuasi. Masyarakat tidak perlu membayar alias gratis,” tutupnya. (red)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed