oleh

Tiga Bus Disuruh Putar Balik di Perbatasan Jambi-Sumatera Selatan

Jambi – Tim Satgas Penanganan Covid-19, terpaksa memerintahkan 3 Bus, 1 mobil pribadi untuk memutar balik di perbatasan Jambi – Palembang. Aturan perjalanan terbaru sebelum larangan mudik Lebaran Tahun 2021, adalah harus membawa dokumen tertentu. Tanpa dokumen itu, pelaku perjalanan bakal disuruh putar balik.

Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 selama Bulan Ramadhan 1442 H, terhitung mulai tanggal 22 April  -  24 Mei 2021, sehingga dengan adanya aturan tersebut maka pelarangan mudik lebaran secara resmi sudah diberlakukan.

Kebijakan tersebut, dilaksanakan dalam rangka antisipasi terjadinya lonjakan pertambahan angka penyebaran Covid-19 pada libur lebaran tahun 2021. Kegiatan pengaturan mobilitas masyarakat selama bulan suci Ramadhan 1442 H dan memperketat mobilitas Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) di Pos Pam dan Pos Penyekatan Kelurahan Tempino Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi.

Kapolres Muarojambi melalui Kasubag Humas AKP Amradi mengatakan, Tim Satgas Penanganan Covid-19 pada Rabu (28/4/2021) sekira pukul 10.15 WIB telah melaksanakan kegiatan pengaturan mobilitas masyarakat selama bulan suci Ramadhan 1442 H dan memperketat mobilitas PPDN  di Pos Pam dan Pos Penyekatan Kelurahan Tempino Kecamatan Mestong Kabupaten Muarojambi.

Kegiatan hari ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyato, SIK MH. “Mari kita dukung kebijakan pemerintah ini, dan semangat dalam bekerja. Kepada masyarakat dan juga angkutan transportasi, agar mematuhi aturan untuk tidak mudik, jika masih nekat, maka akan kami minta untuk putar balik,” kata Kapolres Muarojambi melalui Kasubag Humas AKP Amradi.

Mobil penumpang pribadi juga distop, diperiksa kelengkapan dokumen Swab Antigen atau hasil tes Rapid Antigennya (Foto: Istimewa)

Dalam upaya menindaklanjuti Edaran tersebut, lanjut Amradi, Tim Satgas Penanganan Covid-19 perbatasan Jambi Palembang telah melaksanakan kegiatan penyekatan guna mengantisipasi penyebaran Covid 19.

Baca Juga  Terancam Hukuman Lima Tahun Penjara, Edarkan Ribuan Pil Psikotropika

Kegiatan penyekatan ini, untuk antisipasi mudik Lebaran tahun 2021, yang dipusatkan di jalan lintas utama Jambi – Palembang tepatnya di Kelurahan Tempino Kecamatan Mestong Kabupaten Muarojambi. Setiap kendaraan yang bernopol luar dan dalam daerah yang hendak berpergian mudik melintasi Provinsi Jambi, distop. Lalu mengimbau kepada pengendara agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan.

”Kepada pengendara yang lewat, kami minta agar menunjukan hasil test Rapid PCR atau Rapid Antigen yang mana surat tersebut berlaku selama 1×24 Jam. Apabila ditemukan pengendara yang bepergian dari luar Provinsi Jambi tidak bisa menunjukan hasil test Rapid PCR atau Rapid Antigen, kami minta melakukan tes Rapid PCR di rumah sakit terdekat,”tuturnya.

Dalam operasi kali ini, sedikitnya ada 3 kendaraan jenis Bus dan 1 kendaraan penumpang pribadi dipaksa putar arah oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19. Ketiga bus yang dipaksa putar balik itu, adalah bus dengan nomor polisi BN 7623 JU tujuan Semarang bermuatan 47 orang, lalu  bus dengan nomor polisi Z 7638 MG tujuan Lampung bermuatan 20 orang, dan bus dengan nomor polis B 7843 TW Tujuan Sumatra Selatan bermuatan 15 orang penumpang. Serta satu mobil penumpang dari Bogor tujuan Bungo juga dipaksa putar balik, karena tidak dapat menunjukkan surat bebas Covid19 berupa surat keterangan Swab Antigen. (RedG/Syah)

Komentar

Tinggalkan Komentar