oleh

Tertutup Awan, Pantauan Hilal di MAJT Tak Terlihat

Semarang– Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Kota Semarang melakukan pemantauan hilal untuk penentuan 1 Ramadan 1442 Hijriyah atau hari pertama puasa 2021.

Pemantauan hilal yang dilakukan dari lantai 9 menara Al Husna MAJT ini diikuti oleh berbagai pihak mulai dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jateng, NU, Muhammadiyah, Pengurus MAJT, hingga mahasiswa UIN Walisongo, para hakim pengadilan agama maupun tinggi dan para santri.

Pantauan Hilal di Menara Al Husna Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) terkendala mendung. Disebabkan, hilal tidak terlihat karena tertutup awan.

Wakil Ketua Lembaga Falaqiyah Pengurus Besar NU Slamet Hambali mengatakan, saat pengamatan matahari sempat terlihat hanya saja pada saat ini posisi bulan tertutup oleh awan.

“Harusnya kelihatan, tapi sampai sekarang dari sejak persis 17.40 matahari terbenam dan bulan tertutup oleh awan. Tadi matahari kelihatan tetapi ketika 10 menit sebelum terbenam dan matahari sudah tidak muncul, ” kata Slamet Hambali, Senin (12/4/2021) petang.

Slamet Hambali mengungkapkan, hasil pemantauan dari menara Al Husna MAJT
akan melaporkan untuk bahan di sidang isbat Kemenang RI dalam penentuan awal Ramadan 1442 Hijriah. Meskipun tidak terlihat dalam pemantauan tersebut.

“Disini, nanti akan melaporkan dari menara Masjid Agung Jawa Tengah tidak terlihat. Ini kami jadikan bahan untuk sidang isbat Kemenag, ” imbuhnya.

Menurutnya, ada daerah yang melihat hilal sehingga tidak menjadi alasan menunda 1 Ramadan 1442 H yang akan jatuh pada hari Selasa, (13/4/2021) besok.

“Insyaallah sudah ada berita di Gresik sudah melihat bulan baru, hilal. Dengan demikian tidak ada alasan untuk menunda 1 Ramadan 1442 Hijriah. Setelah Magrib ada sidang Isbat, saya akan gabung, Insyaallah Ramadan jatuh hari Selasa Wage 13 April 2021,” tegasnya.

Baca Juga  Kemeriahan Java Traditional Balloon Festival 2019 di Pekalongan

Sebagai informasi, pemerintahan melalui Kementerian Agama telah menetapkan awal 1 Ramadan 1442 H/2021 jatuh pada Selasa, 13-4-2021 besok.

“Kami menetapkan awal Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada tanggal Selasa, 13 April 2021 besok pagi,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau akrab disapa Gus Yaqut dalam keterangan secara virtual di YouTube Kemenag, Senin, 12 April 2021. (RedG/Dicky Tifani Badi)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed