oleh

Terpapar HTI, Wakil Dekan FPIK Unpad Dicopot

Bandung – Terendus pernah menjadi bagian dan sekaligus pengurus organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Universitas Padjadjaran (Unpad), Senin (4/1/2021) mencopot Wakil Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Asep Agus Handaka Suryana. Padahal, Asep baru dilantik jadi wakil dekan itu dua hari yang lalu yaitu Sabtu (2/1/2021), bersama 33 wakil dekan lainnya di lingkungan Unpad.

“Unpad memutuskan mengganti wakil dekan FPIK, sehubungan dengan didapatkan informasi setelah pelantikan tanggal 2 Januari yang lalu terkait rekam jejak yang bersangkutan. Bersangkutan ternyata sempat menjadi pengurus organisasi yang saat ini dilarang oleh pemerintah RI,” kata Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi dalam aplikasi perpesanan, Senin (4/1/2021).

Dandi menegaskan bahwa Unpad berkomitmen untuk turut serta menjaga keutuhan NKRI berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Ia menjelaskan penggantian Wakil Dekan FPIK Unpad tersebut dilaksanakan secepat mungkin yaitu pada hari ini.

“Yang bersangkutan juga sangat memaklumi hal tersebut dan telah bersedia mengundurkan diri, digantikan pejabat baru yang dilantik hari ini,” ujar Dandi.

Pada masa pemilihan wakil dekan itu, rekam jejak Asep sempat luput dari perhatian universitas karena menganggap HTI sudah dibubarkan bertahun-tahun yang lalu. Maka dengan penggantian Asep, menurut Dandi, sebagai upaya Unpad untuk konsisten menjaga integritas kebangsaan.

“Walaupun yang bersangkutan saat ini tidak lagi aktif dalam organisasi yang sudah dibubarkan tersebut. Bersangkutan juga memaklumi hal itu dengan penuh kesadaran,” kata Dandi.

Dengan mencopot Asep, Rektor Unpad selanjutnya mengangkat Eddy Afrianto sebagai penggantinya berdasarkan Surat Keputusan Rektor No 87/UN6.RKT/Kep/HK/2021. Kendati tak jadi lagi wakil dekan, status Asep hingga kini masih menjadi dosen di FPIK. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar