oleh

Terobosan Perumda Tirta Mulia Pemalang, Meter Air Prabayar

Pemalang – Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Mulia Pemalang (Perumda Tirta Mulia Pemalang) selalu berinovasi dalam meningkatkan layanan ke seluruh pelanggan.

Salah satu inovasi yang dilakukan pada pertengahan Tahun 2022 adalah dengan meluncurkan sistem pembayaran air minum prabayar.

Launching sistem pembayaran air minum prabayar, diresmikan oleh Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, S.T., yang di wakilkan oleh Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat, S.T. dengan didampingi Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Kab. Pemalang H. Slamet Efendi, S E., M.M. Hadir dlm kesempatan tsb Forkompinda Kabupaten Pemalang, pimpinan seluruh Perusda Kabupaten Pemalang, Dirut/Direktur PDAM/ PERUMDAM Se-Jateng dan luar Jateng serta tamu undangan lainnya.

Sebagaimana diungkapkan oleh Direktur Utama Perumda Tirta Mulia Pemalang Slamet Efendi, melalui Humas Perumda Tirta Mulia Pemalang Galih Baskoro, sistem pembayaran air minum prabayar adalah layanan bagi pelanggan Perumda Air Minum Trta Mulia Kabupaten Pemalang dengan menggunakan meter air digital yang memungkinkan pelanggan untuk mengendalikan sendiri pemakaian airnya sesuai kebutuhan dan kemampuannya dengan melakukan pembelian token diawal.

Direktur Umum dan keuangan Perumda Tirta Mulia Pemalang Moch. Arief Setiawan, SH.,MM. menjelaskan pada sistem pembayaran air minum prabayar, pelanggan terlebih dahulu harus membeli token isi ulang untuk mendapatkan air dengan jumlah kubikasi tertentu, adapun nilai nominal token yang tersedia saat ini adalah Rp. 50.000 dan Rp. 100.000.

“Token isi ulang air minum tersebut, telah tersedia di kantor pelayanan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang dan mitra pembayaran yang bekerjasama dengan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang.” jelasnya.

Sistem pembayaran air minum prabayar memiliki beberapa keuntungan untuk pelanggan, diantaranya : Pelanggan lebih mudah mengendalikan pemakaian air
Melalui meter air digital prabayar, pelanggan dapat memantau pemakaian airnya setiap saat.Pada meter air digital yang terpasang tertera angka sisa pemakaian kubikasi terakhir. Bila dirasa boros, pelanggan dapat mengerem pemakaian airnya

Baca Juga  PKS dan  Petani Gelar Upacara Pengibaran Bendera di Tengah Sawah

Pemakaian air dapat disesuaikan dengan anggaran belanja keluarga
Dengan pilihan nilai nominal token yang tersedia, memberi keleluasaan bagi pelanggan dalam membeli air sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya sehingga lebih terkontrol dalam mengatur anggaran belanja keluarga.

Tidak akan terkena biaya denda keterlambatan, tidak ada lagi biaya tambahan bayar air dikarenakan terbebani biaya denda keterlambatan akibat lupa bayar tagihan air. Privasi lebih terjaga nagi pelanggan yang menginginkan kenyamanan lebih, sistem pembayaran air minum prabayar tidak akan membuat pelanggan menunggu dan membukakan pintu untuk petugas pencatatan meter, karena meter air prabayar secara otomatis mencatat pemakaian air pelanggan.

Menurut Arief, penggunaan sistem pembayaran air minum prabayar diharapkan menjadi salah satu solusi bagi PDAM/PERUMDAM di Indonesia untuk mengatasi permasalahan tunggakan, menghindari pemutusan sambungan, serta mencegah terjadinya benturan antara pelanggan dengan petugas penagihan dan atau petugas pemutusan

Pada masa uji coba, meter air digital prabayar telah terpasang pada beberapa pelanggan di salah satu kawasan perumahan di kota Pemalang. Ke depan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang akan melakukan pemasangan meter air digital prabayar pada unit-unit baru di kawasan perumahan. (RedG/Sarwo Edy)

Komentar

Tinggalkan Komentar