oleh

Tenaga Vaksinator TNI Siap Diperbantukan

Jakarta – Tenaga Vaksinator TNI siap diterjunkan untuk membantu pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 tahap kedua secara besar-besaran.

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, para tenaga vaksinator TNI yang telah terverifikasi sebanyak 10.000 vaksinator. Mereka akan diperbantukan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk membantu proses vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan secara besar-besaran.

“Diharapkan degan kesiapan sumber daya manusia dan fasilitas kesehatan tersebut, TNI dapat mendukung program yang dicanangkan oleh Bapak Presiden beberapa waktu lalu,” ujarnya kepada media usai memimpin Apel Gelar Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid-19, di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (9/2/2021).

Marsekal Hadi mengatakan, tenaga vaksinator tersebut akan ditugaskan untuk membantu Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Daerah serta ditempatkan di 23.000 desa yang ada di Jawa dan Bali.

“Itupun masih bisa berubah sesuai dengan perkembangan yang terjadi di lapangan,” katanya.

Menurut Marsekal Hadi, pada pelaksanaanya nanti, diharapkan di setiap desa akan dibangun pos terpadu yang diawaki dari Babinsa, Babinkamtibmas, Satlinmas  dan Satpol PP.

“Mereka akan diberikan SOP sesuai apa yang dilaksanakan di daerah masing-masing dan perkembangan yang ada di wilayah setempat. Tentunya akan berbeda petugas yang ada di zona hijau, zona kuning, zona orange dan zona merah,” jelasnya.

Dengan demikian, Panglima TNI berharap, hal ini dapat mempercepat penyelesaian pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini.

“Semoga upaya ini menjadi bagian dari kontribusi nyata bersama seluruh komponen bangsa. Baik TNI, Polri, Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Organisasi Kemasyarakatan. Serta masyarakat luas dala mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia,” pungkasnya. (RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed