oleh

Teliti Program ‘Gajah Keris’, Dian Marta Wijayanti Juara I Kepala SD Berprestasi Kota Semarang

Semarang – Setelah melalui tahapan seleksi di tingkat kecamatan, puluhan kepala Sekolah Dasar (SD) se Kota Semarang mengikuti seleksi Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi tahun 2023 selama tiga hari di Hotel Candi Indah Kota Semarang.

Kegiatan tersebut digelar Dinas Pendidikan Kota Semarang yang memilih tiga juara dari masing-masing kategori yaitu kategori guru berprestasi, kepala TK, SD, dan SMP pada 14-16 Maret 2023.

Kabid Pembinaan GTK Dinas Pendidikan Kota Semarang Sri Rahayuningsih saat menyampaikan pengumuman menyebut bahwa untuk Pemilihan Kepala SD Berprestasi Juara I adalah Kepala SD Negeri Gajahmungkur 03 Dian Marta Wijayanti, Juara 2 Kepala SD HJ. Isriati 1 Amir Yusuf, dan Juara 3 Kepala SD Negeri Sendangmulyo 3 Kuntarti Endah Sarini.

Dalam kesempatan itu, Kepala SD Negeri 03 Gajahmungkur Dian Marta Wijayanti melakukan riset berjudul “Gerakan Literasi ‘Gajah Keris’ dalam Konteks Merdeka Belajar di SDN Gajahmungkur 03 Kota Semarang” yang berhasil menyisihkan puluhan peserta lain. Dari total semua peserta guru dan kepala sekolah terdapat 50 peserta. “Jadi riset ini diawali dari program Gerakan Literasi Sekolah, dan fakta sosial pada siswa pada kemampuan literasi dengan skor 1,9 dengan skala 1-3,” kata Dian Marta Wijayanti, Kamis (16/3/2023).

Karya ilmiah atau best practice yang mengantarkan Dian menjadi juara tersebut mengusung tiga rumusan masalah dengan metode kualitatif fenomenologis. “Teknik pengumpulan data ada tiga yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen,” kata ibu dari Sastra Nadira Iswara dan Aksara Litera Ibdaputra tersebut.

Temuan riset magister pendidikan lulusan UNNES tersebut yaitu program Gajah Keris terlaksana dengan baik melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dengan menggunakan kolaborasi sumber daya di SDN Gajahmungkur 03 Kota Semarang.

Baca Juga  Ketua Komisi E DPRD Jateng Sambut Baik Rencana PTM di Sekolah Juli Mendatang

“Kedua, temuan riset ini menyebut bahwa program Gajah Keris membantu sekolah dalam mewujudkan Merdeka Belajar yang efektif, dan menyenangkan melalui kegiatan literasi. Ketiga, program Gajah Keris meningkatkan student wellbeing di SDN Gajahmungkur 03 Kota Semarang,” lanjut istri dari Hamidulloh Ibda tersebut.

Seleksinya dikatakan Dian tidak hanya tes tertulis, dan presentasi namun juga ada wawancara manajerial dan portofolio. “Alhamdulillah bisa berpartisipasi dalam pemilihan KS berprestasi tahun ini. Ini adalah pengalaman pertama ikut seleksi dan malah bisa dapat juara pertama, tentu ini berkat usaha, doa suami, anak, dan orangtua, serta keluarga besar SDN Gajahmungkur 03 Kota Semarang,” jelasnya.

Pihaknya berharap ke depan semakin lebih baik lagi dalam melakukan persiapan dan meningkatkan mutu riset atau best practice yang dilakukan di sekolahnya. “Alhamdulillah, syukur sudah bisa sampai tahap ini. Prinsip saya turut meramaikan dan berpartisipasi, soal juara itu bonus. Karena bersyukur di sini bisa belajar dan bertemu orang-orang hebat baik itu juri atau peserta. Semoga bermanfaat dan berkah untuk kemajuan mutu pendidikan di Kota Semarang,” tutup dia. (RedG/*)

Komentar

Tinggalkan Komentar