oleh

Telagasana Telah Punya Sumur Bor Atasi Ketersediaan Air Bersih

Pemalang – Upaya untuk memberi pelayanan atas ketersediaan air bersih telah dilakukan kementrian ESDM. Menurut Kepala Sub Bidang Inventarisasi dan Konservasi Air Tanah, Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, Badan Geologi Kementrian ESDM, Idham Effendi, menyatakan bahwa pada tahu 2019 ini di Kabupaten Pemalang kembali diusulkan pembuatan 7 sumur bor air tanah untuk mengatasi masalah krisis air bersih. Meski demikian pihaknya belum mengetahui apakah usulan tersebut bisa direalisir, karena harus disurvei terlebih dahulu.

“Prosedurnya pemerintah daerah, wakil rakyat atau masyarakat mengusulkan pembuatan sumur bor air tanah. Baru kemudian disurvei kelayakannya apakah memenuhi syarat tidak, seperti skala prioritas, kandungan air dan lain-lain, jika memungkinkan maka akan dibuatkan,”tandasnya saat penyerahan Sumur Bor Air Tanah di Desa Tlagasana, Kecamatan Watukumpul, Kamis (21/2).

Ia menambahkan bahwa untuk di Kabupaten Pemalang hingga  tahun 2018 ada 5 sumur yang dibuat, sedangkan jika dari pertama maka sudah ada 18 unit. Sedangkan secara nasional sejak tahun 2005-2018 total sudah terbangun 2288 unit sumur bor, dan bisa melayani kurang lebih 6,6 Juta jiwa masyarakat daerah sulit air bersih yang tersebar dari Sabang Sampai Merauke.

Melayani 2.700 jiwa 

Sedangkan untuk sumur bor air air tanah di Desa Telagasana, yang diresmikan oleh Bupati Pemalang H. Junaedi yang diwakili oleh Asisten Sekda Bidang Ekonomi Pembangunan Supa’at disaksikan oleh anggota DPR RI, Ramson Siagian, memiliki kedalaman 71 meter dengan debit mencapai 1,9 liter/detik. Dengan pipa berdiameter 6 inchi dan genset berkapasitas 12 KVA , diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan air bersih hingga 2700 jiwa penduduk.

“Dan kedepan Kementrian ESDM dengan dukungan DPR RI Komisi VII sebagai mitra kerja berupaya terus menambah anggaran program ini agar lebih banyak menjangkau masyarakat yang kesulitan air bersih, baik karena kelangkaan maupun kualitas yang kurang baik,”tambahnya.

Baca Juga  BIN Daerah Jawa Tengah Sediakan Ribuan Vaksin

Sementara itu Asisten Sekda Bidang Ekonomi Pembangunan Supa’at, menyambut baik penyerahan bantuan berupa sumur bor dalam dari Kementrian untuk masyarakat Desa Telagasana, diharapkan pada tahun-tahun mendatang jumlahnya akan semakin bertambah karena hingga saat ini memang masih ada beberapa wilayah yang mengalami kekurangan air bersih di Pemalang. (RedG)



Komentar

Tinggalkan Komentar