oleh

Tekan Penyebaran Covid-19 Babinsa Melakukan Pendataan dengan Aparatur Desa dalam Giat Komsos

Klaten – Koramil12/Manisrenggo di tengah maraknya penyebaran COVID-19 Babinsa Desa Tanjung Sari Serka Catur Widodo mengoptimalkan peran garda terdepan di tingkat desa dan kelurahan untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) Bintara Pembina Desa (Babinsa), bersama kepala desa atau lurah dan Puskesmas diajak untuk mendata seluruh warga yang baru datang dari luar kota dan luar negeri.

Desa/kelurahan dan Puskesmas bareng Babinsa dan Bhabinkamtimbas akan lebih aktif melakukan pendataan warga. Bagi mereka yang baru datang dari luar negeri/kota yang telah terjangkit, maka masuk OTG (Orang Tanpa Gejala),” ujarnya, Rabu (8/4/2020).

Warga yang baru datang dari perantauan bakal diperiksa suhu tubuh oleh petugas kesehatan dan pendataan informasi lokasi perantauan. Selanjutnya, akan diadakan karantina mandiri bagi perantau yang datang dari wilayah zona merah.

Para perantau harus lapor ke RT/RW, dan kalau ada gejala maka wajib lapor dulu ke Puskesmas dan akan dipantau terus. Mereka juga wajib melakukan karantina diri selama 14 hari, tidak boleh menolak. Masyarakat yang nantinya akan melakukan pengawasan.

Pemantauan juga bakal dilakukan selama 24 jam untuk isolasi mandiri bagi warga yang baru saja datang dari luar Kecamatan Manisrenggo, terutama dari daerah zona merah.

“Isolasi mandiri wajib dilakukan, tidak boleh menolak,” pungkasnya.( red )

Komentar

Tinggalkan Komentar