Pemalang- Mahasiswa KKN tematik tim 1  Undip memamerkan hasil   pendampingan kelompok wanita tani desa beluk berupa produk olahan nanas madu pada acara pelatihan penyuluh  kehutanan se jawa di Balai Desa Mendelem,kamis (19/07/2018).

 

Menurut Rizka Aulia Sofyan selaku koordinator tim KKN 1 menjelaskan tema KKN adalah pembinaan desa beluk menjadi sentral olahan nanas tingkat nasional. Untukmenjadi tingkat  nasional harus ada 10 UMKM baru. kegiatan yang dijalankan meliputi penyuluhan, praktek pembuatan olahan hasil nanas kepada kelompok wanita tani berkah tani.

 

Hasil olahan nanas madu meliputi Kembang goyang, marmalade nanas, Pina pie, sambal ,puding, manisan, wajik, dodol dan masih banyak yang akan dikembangkan, harapanya setelah KKN selesai  masyarakat mampu berwira usaha dan nantinya ada tindak lanjut, ungkap Rizka Aulia Sofyan.

Hasil karya KKN tim 1 olahan nanas

 

Menurut ketua kelompok wanita tani berkah tani Sri Yaningsih merasa senang dengan hadirnya KKN di dusun krajan, dan paling penting mendapatkan banyak ilmu yang didapat terutama pendampingan pembuatan produk olahan nanas. Dengan begitu akan banyak pelaku UMKM di wilayah Desa Beluk Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. (kH)

 

Tinggalkan Komentar