oleh

Tari Saman Meriahkan Tabligh Akbar dan Pengukuhan PCM-PCA Bumiayu di Pesantren MBS Bumiayu

Brebes– Tari Saman berasal dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang dipentaskan oleh 25 santriwati MBS Bumiayu turut memeriahkan pembukaan Tabligh Akbar dalam rangka Pengukuhan PCM-PCA Bumiayu di Halaman Pesantren Modern MBS Bumiayu, Sabtu (2/9/2023).

Sekitar 15-an menit, ribuan warga persyarikatan yang menghadiri acara pengukuhan Pimpinan Cabang Muhammadiyah-Aisyiyah Bumiayu dan Tabligh Akbar bersama Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. KH. M.Saad Ibrahim, MA terlihat terpukau dengan penampilan santriwati Kelas X IPA 1 dalam mementaskan Tari Saman yang penuh kreasi dan improvisasi. Seluruh Santri dari kelas VII sampai kelas XII, tampak duduk di lantai 2 asramanya masing-masing sambil didampingi oleh musyrif dan wali kelas mereka.

Mudir Pesantren Modern MBS Bumiayu, Kyai Sutriyono, S.Ag merasa senang melihat dan menyaksikan semangat santri dalam mengikuti Tabligh Akbar dalam rangka pengukuhan Pimpinan Cabang Muhammadiyah-Aisyiyah Bumiayu.

“Semangat semua santri sangat terlihat dalam memeriahkan acara yang nuansa religius ini tetap berkesan. Para Dewan Asatidz dan karyawan juga ikut hadir menyaksikan pengukuhan Pimpinan Cabang Muhammadiyah-Aisyiyah Bumiayu diteruskan mendengarkan tausyiah peradaban dari Ketua PP Muhammadiyah, Dr. KH. M.Saad Ibrahim, MA sambil menyaksikan berbagai atraksi dan penampilan para santri. Semoga suasana memang yang terasa khidmat yang sangat kental sisi agamanya dapat memperkuat pendidikan karakter para santri sehingga tercipta lingkungan religius dengan balutan akhlak mulia”.

Acara pengukuhan diakhiri dengan Tausiah dan Doa Penutup yang disampaikan oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. KH. M.Saad Ibrahim, MA. Dr. KH. M.Saad Ibrahim, MA menyampaikan PCM Bumiayu adalah PCM serasa PDM yang harus terus dikuatkan akarnya dengan perbagai model gerakan dakwah kekinian agar semakin mengakar sampai ke tingkat ranting.

Baca Juga  Warga Jatirejo Ditemukan Telah Menjadi Mayat Diduga Dibunuh Mantan Suaminya

“Pengukuhan Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Bumiayu Brebes Jawa Tengah ini terasa seperti acara PDM karena dihadiri oleh sekitar 2 ribu warga persyarikatan, forkompincam, PDM, PDA, MWC NU, Muslimat NU, LDII dan tamu undangan lainnya”.

PCM dan PCA adalah sayap dakwah PDM di tingkat Kecamatan bahkan wilayah Brebes Selatan sehingga perlunya totalitas gerakan dakwah dalam semua aspeknya. Hal ini penting dilakukan agar dakwah persyarikatan akan semakin eksis dan kokoh sampai tingkat ranting.

Acara pengukuhan diawali pembacaan SK Pimpinan Daerah Muhammadiyah Brebes oleh Ustadz M.Faqih Maftuh, S.Ag selaku Wakil Ketua dilanjutkan pengukuhan PCM Bumiayu periode Muktamar ke-48 Masa bakti 2022-2027 oleh Wakil Ketua PDM Brebes, Drs.H.Munawir Tamjid. Sedangkan pengukuhan Pimpinan Cabang Aisyiyah Bumiayu diawali pembacaan SK oleh Wakil Sekretaris Pimpinan Daerah Aisyiyah Brebes, Naely Inayati, S.Pd dilanjutkan pengukuhan oleh Wakil Ketua III, Sri Gunarsih, S.Pd.

Acara bersejarah bagi warga Muhammadiyah dan Aisyiyah Kecamatan Bumiayu yang dijaga ketat oleh 25 personil KOKAM ini diselenggarakan dengan penuh semangat dan hikmat. Acara diawali dengan penampilan Mercing Band Laskah Pelangi SDM Bumiayu, dan Atraksi para santri MBS Bumiayu mulai dari Jurus Katak Tapak Suci, Group Hadroh Fastabiqul Khoirot, Tari Saman dan Group Koor Santri MBS Bumiayu.

Hadir dalam acara tersebut adalah seluruh anggota PCM dan PCA Bumiayu, Wakil Ketua PDM Brebes (Drs.H.Munawir Tamjid, dan Muda Solikhin), Wakil Ketua III dan Sekretaris Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Brebes, (Sri Gunarsih, S.Pd dan Naely Inayati, S.Pd), Mudir MBS Bumiayu (Kyai Sutriyono, S.Ag), Kepala SMP MBS (Drs.H.Muhtadi), Kepala SMA MBS (M.Faqih Maftuh, S.Ag) serta seluruh PRM-PRA dan AMM se Kecamatan Bumiayu. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, (Dr. KH. Saad Ibrahim, M.A), Ketua PCA Sirampog (Hj. Reny Sensiyati, S.Pd), Ketua PCM dan PCA Tonjong (M.Shobir dan Niswatun Aeni, S.Pd), dan berbagai tamu undangan istimewa lainnya seperti Pendiri MBS Bumiayu (H. Abdul Karim Naqib), Forkompincam (Perwakilan Camat, Danramil dan Kapolsek), Perwakilan Wali Santri Antar Kelas (RedG/Tarqum Aziz).

Komentar

Tinggalkan Komentar