Bangka Barat – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat Drs Ismantho kembali menggelar kegiatan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang digelar di Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat, Beralamatkan di Masjid Agung Baiturridho, Pal 4 Muntok, Kamis 19 November 2020.

Kegiatan kali ini di buka oleh Kabid Layanan dan Kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab, Bangka Barat Farouk Yohansyah S.T, Kegiatan ini merupakan Penyuluhan dengan berbasis kesehatan, dengan Tema “Cerdas Dalam Memilih Kosmetik Yang Aman”, Bersama narasumber Apt. Riza Umami S,S.i, Apoteker koordinator kefarmasian RSUD Sejiran Setason sekaligus Apoteker Apotek Putra Farma Muntok Kab, Bangka Barat.

Peserta sangat antusias sekali dalam mengikuti serangkaian acara dengan latar belakang ibu – ibu rumah tangga beserta para remaja, Peserta pun sangat komunikatif sehingga berbagai pertanyaan peserta dijawab dengan baik oleh narasumber, Yang membuat peserta bertanya tanya apakah kosmetika yang dipakai selama ini aman untuk digunakan.

Apt, Riza Umami S.SI mengatakan kosmetik adalah produk yang di buat untuk manusia dengan tujuan digunakan pada bagian luar tubuh, Dalam penjelasannya narasumber mengingatkan manusia terlihat berbeda apabila Memakai kosmetik yang aman.

Kepada masyarakat khususnya peserta bahwa sekarang banyak produsen nakal dalam memasarkan produk yang beredar di masyarakat tidak memperhatikan keamanan untuk konsumen, sehingga sangat berbahaya untuk kesehatan masyarakat, untuk itu sebagai konsumen harus cerdas dalam memilih kosmetik aman, ungkap Riza.

“ Apalagi kondisi saat ini inovasi teknologi dan peredaran produk kosmetik yang berkembang pesat, Iklan produk kosmetik yang semakin gencar di berbagai media, penyebaran informasi mengenai kemanfaatan dan efek samping produk kosmetika yang masih kurang dan pelaporan efek samping kosmetika oleh masyarakat masih under reporting,
hal ini membuat konsumen sering terkecoh”, tegas Riza.

konsumen harus cerdas dalam mewaspadai penawaran produk kecantikan dan kesehatan tubuh, yang antara lain, Pertama mengetahui manfaat serta kerugian dari produk yang digunakan, Kedua tidak cepat mempercayai penawaran penawaran produk kecantikan dan kesehatan tubuh, Ketiga, meningkatkan pengetahuan akan kebenaran kegunaan produk kecantikan dan kesehatan yang ditawarkan, Dan terakhir mendisiplinkan diri untuk lebih selektif dalam menggunakan produk dan jasa kecantikan.

Salah satu dari peserta bertanya, “ bagaimana cara atau tips cerdas dalam memilih kosmetik aman? Tips agar menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih kosmetik dengan cara “Cek KLIK”, artinya Kemasan Label Izin edar dan Kadaluarsa agar aman, bisa dilakukan dengan cara melihat Kemasan dan konsumen harus bisa memastikan bahwa kemasan produk dalam kondisi baik, bentuk dan warna merata, kemasan tidak dalam kondisi penyok atau rusak dan kondisi tidak pecah atau tidak stabil, Ujar Riza. (RedG/Prima)

Tinggalkan Komentar