oleh

Tahun Baru Hijriyah Sebagai Momentum Eratkan Ukhuwa Islamiyah

Wonogiri – Bertempat di Balai Desa Pijiharjo Kecamatan Manyaran telah dilaksanakan kegiatan Pengajian Akbar dalam rangka memperingati Tahun Baru Hijriah dengan pembicara Ustad KH Ahmad Sarijo dari Sukorharjo, Sabtu (31/8) malam.

Hadir dalam kegiatan antara lain Danramil 11/ Manyaran Kapten Inf Agus Priyanto diwakili Sertu Suryadi, Kapolsek Manyaran Iptu Abubakar Sidiq, Ustad KH. Ahmad Sarijo, Kepala KUA Manyaran Purwanto dan Kepala Desa Pijiharjo beserta perangkat.

Penyampaian singkat Ustad KH. Ahmad Sarijo menjelaskan dengan semangat ukhuwah Islamiyah umat Islam Indonesia tidak hanya menjaga persaudaraan dengan sesama muslim tetapi bertanggung jawab menjaga persatuan dan kebhinekaan Indonesia untuk menjaga persaudaraan dalam bingkai kebhinekaan Indonesia.

“Kita tahu bahwa ada sekelompok orang yang ingin memecah belah persaudaraan kita atas nama agama akan tetapi mereka lupa bahwa umat Islam telah jauh lebih lama berdampingan dengan beragam agama yang lain secara harmonis telah menyatukan Indonesia dengan segala perbedaan-perbedaannya berusaha untuk memerdekakan kita dan menjadikan Pancasila sebagai Ideologi Nasional hal itu merupakan langkah yang tepat. Karena bila tidak Indonesia ini akan terpecah-pecah,” katanya.

Dijelaskannya kesatuan Indonesia dilandasi kesadaran pentingnya bersatu meskipun diwarnai perbedaan, tidak bisa mengabaikan kesadaran para pemimpin terdahulu pemimpin kita terdahulu dengan segala perbedaan suku agama dan lainnya telah sepakat untuk bersatu dalam bingkai NKRI seperti sekarang ini Karenanya kita sebagai generasi penerus jangan sekali-kali menghianati apa yang sudah Ideologi nasional Pancasila telah menyatukan Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau ratusan etnis, ragam bahasa daerah budaya dan perbedaan agama.

“Gambaran mengenai ukhuwah Islamiyah telah diperintahkan Allah agar umat yang beragam bisa merasakan kedamaian ketertiban dan kenyamanan dalam kehidupan. Kita yakin betul bahwa nilai ukhuwah Islamiyah ini memang diperintahkan langsung oleh Allah subhanahu wa ta’ala kita juga yakin apapun yang diperintahkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala pasti benar dan pasti baik agar kita umatnya bisa mendapatkan kedamaian ketertiban dan kenyamanan dalam kehidupan.  Ukhuwah Islamiyah diartikan adalah persaudaraan Islam atau persaudaraan sesama muslim juga sebagai persaudaraan persatuan dan kesatuan secara universal,” tegasnya. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar