oleh

Tahun 2024 Ada 5 Prioritas Pembangunan di Pemalang

Pemalang – Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pemalang Tahun 2024, di Pendopo Kabupaten Pemalang, Selasa (14/3/2023).

Menurut Mansur Hidayat, Musyawarah ini sangat penting karena ada beberapa isu strategis yang harus dipecahkan dan direncanakan.

“Musrenbang pada tahun ini menjadi momen yang sangat penting, karena seluruh pemangku kepentingan bertemu pada forum ini Berbagai persoalan yang kita hadapi dalam
proses pembangunan marilah kita jadikan sebagai tantangan untuk memperbaiki kinerja kita dalam mewujudkan visi Kabupaten Pemalang yang telah kita rumuskan bersama yaitu Adil, Makmur, Agamis dan Ngangeni,” papar Mansur.

Tema pembangunan yang akan dicapai dalam RKPD tahun 2024 adalah “Peningkatan kemandirian masyarakat yang bertumpu pada penguatan ekonomi kearifan lokal dan SDM yang berdaya saing didukung dengan infrastruktur yang merata”.

Tema tersebut dijabarkan ke dalam 5 (lima) prioritas pembangunan yaitu;
1. Pengembangan SDM berkarakter budaya unggul;
2. Penguatan kebijakan pemerataan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur dalam penataan kota;
3. Pembangunan produktivitas ekonomi yang berkualitas;
4. Fasilitasi kemandirian desa dalam
mewujudkan Desa Sinergi;
5. Penanganan kemiskinan dengan pemberian jaminan sosial, perlindungan dan rehab sosial serta peningkatan keterampilan pada penduduk miskin yang terdampak Covid-19.

Selain permasalahan diatas Mansur menyinggung pula masalah perencanaan dan keterbatasan anggaran.

“Suksesnya pelaksanaan pembangunan tergantung pada proses perencanaan. Kita memahami bersama bahwa keterbatasan anggaran yang kita miliki menuntut kita untuk benar-benar cermat dan bijaksana dalam menyusun skala prioritas, yang betul-betul diperlukan oleh masyarakat dan bersifat mendesak.” paparnya. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar