Penyuluhan kesehatan penyakit degeneratif dan Covid-19 di Makodim Pemalang

Prajurit dan PNS Kodim Pemalang Menerima Penyuluhan Penyakit Degeneratif dan Covid 19

Pemalang – Kodim 0711/Pemalang menggelar penyuluhan kesehatan tentang Penyakit Degeneratif (Osteoporosis) dan Covid-19, bertempat di Aula Makodim jl. Brigjen Katamso no 43 kelurahan Sugihwaras, Pemalang,  Rabu (11/11/2020)

Sebagai narasumber Dokter Klinik Pratama Kartika 11 Pemalang dr. Nurkholis. Hadir  para Perwira Staf dan Danramil serta perwakilan prajurit dan PNS jajaran Kodim 0711/Pemalang.

Dalam sambutan pembukaannya Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, S.I.P., M Han, melalui Danramil 13/Pulosari Kapten Inf Muslih mengucapkan syukur kepada Allah SWT kita masih diberi kesehatan, di masa pandemi ini Komando Atas sangat menyoroti kualitas kesehatan agar selalu dijaga untuk mengantisipasi adanya penyakit di lingkungan prajurit dan PNS.

Menurutnya, Saat ini, berbagai upaya dilakukan Satuan untuk mencegah adanya penularan penyakit khususnya Covid-19, sampai-sampai ada perintah untuk berjemur agar dapat meningkatkan imun tubuh prajurit, dan perintah untuk mentaati protokol kesehatan baik prajurit maupun keluarga.

“Melalui kegiatan penyuluhan ini, para prajurit dan PNS diharapkan dapat menyerap pengetahuan tentang penyakit degeneratif dan Covid-19, sehingga mampu melakukan tindakan pencegahan agar tidak terkena penyakit tersebut,” harapnya.

Sementara pada kesempatan yang sama nara sumber dr. Nurkholis dari Klinik Pratama Kartika 11 Pemalang, mengatakan tujuan kegiatan penyuluhan kesehatan yaitu untuk mencapai tujuan hidup sehat dengan cara mempengaruhi perilaku masyarakat baik itu secara individu ataupun kelompok dengan menyampaikan pesan supaya dalam kehidupan sehari hari berjalan dengan baik.

Menurut dr. Nurkholis, Degeneratif (Osteoporosis) adalah suatu penyakit tulang metabolik yang ditandai oleh reduksi kepadatan tulang sehingga mudah terjadi patah tulang. Osteoporosis terjadi sewaktu kecepatan Absorbsi tulang melebihi ketepatan pembentukan tulang. Adapun gejalanya yaitu nyeri tulang akut, nyeri dapat dengan atau tanpa fraktur yang nyata dan nyeri timbul mendadak, nyeri berkurang pada saat beristirahat di tempat tidur dan nyeri bertambah bila melakukan aktivitas. Perubahan bentuk tubuh, serta kecendurungan penurunan tinggi badan atau postur tubuh kelihatan memendek.

“Tindakan pencegahan Osteoporosis bisa dilakukan konsumsi makanan sehari-hari yang kaya kalsium seperti ikan teri, brokoli, tempe, tahu, susu keju dan kacang-kacangan, menerapkan gaya hidup sehat seperti melakukan olahraga dan berjemur untuk paparan sinar UV B dan matahari (pagi dan sore) serta menghindari obat-obatan tertentu,” tambahnya

Terkait Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 adalah penyakit baru yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan dan radang paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh Infeksi Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS – CoV 2).

“Adapun cara penularannya melalui droplet/percikan saat batuk, bersin atau berbicara, kontak fisik dengan orang terinfeksi (menyentuh atau jabat tangan), menyentuh mulut, hidung dan mata dengan tangan yang terpapar virus. Lebih lanjut cara pencegahan Covid-19 dilakukan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, melakukan Physical Distancing( jaga jarak) dan menggunakan masker,” terangnya. (RedG/candra)

Tinggalkan Komentar