oleh

Sukses Digelar, Pelatihan Herbarium Biologi Resmi Ditutup

Merawang – Ketua Jurusan Biologi Universitas Bangka Belitung Robika, S.Si., M.Si resmi menutup Pelatihan dan Uji Kompetensi Manajemen Pengelolaan Herbarium Tahun 2021 di Ruang Seminar Gedung F, Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi UBB, Sabtu (20/11/2021).

Diketahui, sebanyak 20 peserta telah sukses mengikuti program pelatihan selama tiga hari, sejak Kamis- Sabtu (18-20 November 2021).

Robika mengatakan Pelatihan dan Uji Kompetensi Manajemen Pengelolaan Herbarium ini bukan yang pertama kali dilakukan oleh Jurusan Biologi UBB.

“Alhamdulilah pada tahun 2019 lalu, kita juga sudah pernah mengadakan Pelatihan dan Uji Kompetensi Manajemen Pengelolaan Herbarium dan tahun ini kembali dilakukan,” ungkap Robika.

“Tentunya pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih teruntuk Ibu WITA sebagai narasumber, rekan panitia, serta kepada para peserta yang alhamdulilah masih bertahan sampai detik ini,” lanjutnya.

Ia pun merasa senang, karena sampai hari terakhir acara, semua peserta masih bertahan dan tidak berkurang.

“Alhamdulilah saya sangat merasa senang, karena sampai hari ini para peserta tidak berkurang dan masih bertahan, artinya teman-teman semua memang memiliki niat yang sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini dan ingin mempelajari ilmu sebanyak mungkin dari narasumber,” ujarnya.

Kata Robika, mungkin bagi masyarakat pada umumnya, istilah Herbarium ini belum banyak dikenal oleh banyak khalayak.

“Herbarium ini mungkin masih asing bagi sebagian orang, namun bagi kita yang bergerak di bidang biologi, khususnya botani, Herbarium ini sangat penting, terutama sebagai penyelamat informasi botani dunia,” jelas Robika.

Ia pun berharap sertifikat yang didapat peserta dari pelatihan ini dapat menjadi nilai tambah sebagai sarjana biologi.

“Semoga ilmunya bertambah, bermanfaat dan lebih paham mengenai ilmu Herbarium,” tuturnya.

Baca Juga  Pekerja Migran Indonesia  Dipantau Kesehatan Selepas Pulang dari Hongkong

Sementara itu, Wita Wardani, M.Sc dari Pusat Riset Biologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sekaligus narasumber kegiatan optimis para peserta ini sudah lebih paham mengenai ilmu Herbarium setelah mengikuti pelatihan selama tiga hari.

“Awalnya para peserta ini memang masih ada yang bingung ketika awal-awal mengikuti pelatihan, namun seiring berjalannya masa pelatihan, Alhamdulilah peserta ini semakin mengerti dan itu membuat perasaan saya menjadi senang sebagai narasumber,” ucap Wita.

“Jika melihat potensi peserta ini, tentunya saya optimis mereka sudah lebih paham mengenai Herbarium dan semoga tidak berhenti disini, sehingga ilmu yang diperoleh bisa disampaikan kepada yang lain,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Herry salah satu peserta pelatihan mengungkapkan banyak sekali ilmu yang bisa dirinya peroleh, melalui Pelatihan dan Uji Kompetensi Manajemen Pengelolaan Herbarium ini.

“Tentunya terimakasih kepada narasumber atas kesempatannya, tentunya banyak ilmu yang saya dapatkan dan sangat menyenangkan bisa mengikuti pembelajaran dari narasumber. (RedG).

 

    • Penulis : Rizal Phalevi
    • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed