oleh

Stasiun Surabaya Pasarturi Kini Layani Pemeriksaan GeNose C19

Surabaya – PT KAI Daop 8, per 15 Februari 2021, menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Surabaya Pasarturi. Layanan ini tersedia mulai Pukul 07.00 WIB sampai Pukul 18.00 WIB setiap hari, dengan biaya Rp20.000.

“Layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Surabaya Pasarturi ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan kereta api,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

Sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan. Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Luqman juga menjelaskan bahwa ada syarat yang harus dipenuhi calon penumpang. Dimana untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas.

“Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19, “ungkapnya.

Sementara proses layanan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

KAI akan memastikan bahwa yang dapat naik KA adalah pelanggan yang dalam kondisi sehat dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan pemerintah.

Dengan bergabungnya stasiun Surabaya Pasarturi, maka total ada 8 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose 19.

Adapun ke-8 stasiun tersebut yaitu Stasiun Gambir, Pasarsenen, Solo Balapan, Tugu Yogyakarta, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang dan Surabaya Pasarturi. Jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 akan terus ditambah secara bertahap.

Baca Juga  Pengamanan Eksekusi Tanah dan Bangunan di Jatisrono

Di samping itu, KAI Daop 8 Surabaya juga masih menyediakan rapid tes antigen seharga Rp105.000 di 5 stasiun yaitu Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Malang, Stasiun Sidoarjo, dan Stasiun Mojokerto.

“KAI berkomitmen menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat di stasiun maupun selama dalam perjalanan serta mendukung upaya pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 pada transportasi kereta api,” tutup Luqman. (RedG/bee)

Komentar

Tinggalkan Komentar