oleh

Stasiun Semarang Tawang  Terdampak Banjir dan Penumpang Dialihkan ke Stasiun Poncol

Semarang – Hujan deras dengan intensitas yang tinggi membuat Kota Semarang kembali terkena banjir,  Selasa (23/2) kemarin.

Hal ini menyebabkan Stasiun di Kota Semarang ikut terdampak banjir akibat hujan deras yang melanda di Kota Semarang.

Salah satunya, Stasiun Tawang yang ikut terdampak banjir dengan ketinggian mencapai 75 sentimeter.

Menurut Humas PT KAI Daerah Operasi 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan, akses masuk di Jalan Stasiun Tawang dengan ketinggian mencapai 55 sentimeter dan halaman parkir Stasiun Tawang setinggi 40 sentimenter.

Jalur rel perlintasan juga ikut terdampak banjir di Stasiun Semarang Tawang. Foto/istimewa

Krisbiyantoro melanjutkan, emplasemen Stasiun Tawang jalur 1 sampai jalur 7 terkena dampak banjir setinggi 14 sentimeter dari kop rel.

“Kondisi ini menyebabkan operasional perjalanan KA dari / ke Stasiun Tawang untuk penumpang tidak bisa berfungsi.
Sehingga untuk sementara waktu Stasiun Semarang Tawang kembali di non aktifkan sebagai stasiun yang melayani naik dan turun penumpang, ” kata Krisbiyantoro melalui siaran pers kepada g-news.id, Rabu (24/2).

Selain itu, Krisbiyantoro menjelaskan kondisi Stasiun Tawang mengakibatkan perjalanan kereta api tidak dapat dilalui.

“Hingga saat ini sementara kereta api yang tidak bisa melanjutkan perjalanannnya, yakni Kereta Api Jayabaya relasi Malang – Pasar Senen yang masih tertahan di Stasiun Alastua hingga saat ini pukul 21.13 WIB. Keterlambatan hingga 165 menit, ” jelasnya.

Stasiun Tawang tergenang banjir, masih ada kereta api yang tertahan di stasiun antara lain, Ka Joglosemarkerto tujuan Solo di Semarang Poncol dan
KA Joglosemarkerto tujuan Purwokerto di Brumbung.

Hal itu jajaran PT KAI DAOP 4 Semarang melakukan upaya terkait dampak banjir yang melanda di Stasiun Tawang, yakni
Service Recovery yang sudah disiapkan juga di Stasiun Poncol untuk penumpang KA Jayabaya dan operstapen atau pengalihan penumpang dengan menggunakan bus dari Stasiun Brumbung menuju ke Semarang Poncol.

Baca Juga  Tindakan Cepat Kapolres Wonogiri Terkait Maklumat Kapolri

Selain itu, menghidupkan pompa air utama Stasiun Semarang Tawang untuk mengurangi debit air di dalam peron, mengerahkan petugas perawatan jalur rel ke lokasi banjir, hingga menyiapkan pola operasi naik turun penumpang KA dipindahkan ke Stasiun Semarang Poncol.

“PT KAI DAOP 4 Semarang mohon maaf yang sebesar-besarnya atas terganggunya perjalanan KA di Stasiun Tawang ini, ” ungkapnya. (RedG/Dicky Tifani Badi).

Komentar

Tinggalkan Komentar