Sosialisasikan Bahaya Sampah Plastik, KKN UPGRIS Terapkan Penggunaan Tumbler

Semarang, – Tim Kuliah Kerja Nyata Universitas PGRI Semarang (KKN UPGRIS) desa Ngrapah melakukan kegiatan sosialisasi bersama anak-anak SD Rapah 3 di dusun Mendut, desa Ngrapah, kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Kamis (6/2), pukul 11.00.

Kegiatan ini merupakan salah satu program KKN di Desa Ngrapah, bidang lingkungan. Sebanyak 13 Mahasiwa KKN UPGRIS melakukan sosialisasi bahaya sampah plastik di SD Negeri 3 Rapah. Sebanyak kurang lebih 60 peserta didik yang berasal dari kelas IV dan V mengikuti sosialisasi ini.

Menurut Farrih Isyana, koordinator desa Ngrapah mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu edukasi untuk mengurangi sampah plastik dan bahayanya sampah plastik bagi lingkungan.

“Diadakannya sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan edukasi mengenai bahaya sampah plastik, menumbuhkan kesadaran anak – anak untuk mengurangi penggunaan plastik, dan membiasakan diri agar membawa tumbler” jelas Farrih.

Anak – anak di SD Negeri 3 Rapah sangat antusias dengan kehadiran KKN UPGRIS, dan didukung penuh oleh pihak sekolah. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan dampak bahaya plastik dan berapa lama waktu sampah terurai, serta diharapkan dapat mengurangi penggunaan sampah plastik. Selain itu, menerapkan penggunaan tumblr atau botol minum dalam kehidupan sehari – hari.

Indonesia sendiri merupakan negara kedua yang menyumbangkan sampah plastik paling banyak di dunia. Sehingga setelah kegiatan sosialisasi ini diharapkan masyarakat sekolah dapat menghindari plastik secara bijak dan mengurangi penggunaan plastik, membawa botol minum dalam kegiatan sehari-hari, serta dapat mengolah sampah yang ada menjadi barang-barang yang bermanfaat. (RedG/imas S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *