oleh

Sosialisasi “Sipencatar” 2021 Perguruan Tinggi di Lingkungan Kemenhub 

Pangkalpinang – Kementrian Perhubungan (Kemenhub), Jumat (23/4/2021), menggelar sosialiasi seleksi penerimaan calon taruna (Sipencatar) Perguruan Tinggi di lingkungan Kemenhub, di Swissbel Hotel, Pangkalpinang,.

Acara tersebut  dihadiri pihak Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat, perwakilan Kantor KSOP Kelas IV Pangkalbalam, Kepala BPTD VII Provisi Sumsel-Babel, pihak Dinas Perhubungan Babel, Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang dan Babel, Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota se Babel, para Kepala Sekolah, Guru SMA/SMK dan siswa kelas se Kota Pangkalpinang.

“Secara pribadi dan selaku Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat, menyambut baik dan mendukung penyelenggaraan kegiatan ini yang bertujuan untuk meningkatkan informasi dan wawasan siswa/siswi SMA/SMK sederajat mengenai perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan,” tutur Direktur Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyebrangan Palembang, H Irwan SH Mpr M.Mar E dalam sambutannya.

Badan Pengembangan SDM Perhubungan, lanjut Irwan, menaungi 26 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Politeknik Pelayaran Malahayati di Provinsi Aceh sampai dengan Politeknik Penerbangan Jayapura di Provinsi Papua.

Sosialisasi Sipencatar 2021 di Pangkalpinang (Foto: Badan Pengembangan SDM Perhubungan)

Menurut Irwan, pusat pengembangan SDM Perhubungan Darat, memiliki 5 Perguruan Tinggi dan 1 Balai Diklat dengan ciri khas masing-masing, yakni Pertama, Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) – STTD Bekasi, memiliki ciri khas di bidang transportasi jalan;

Kedua, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal, memiliki ciri khas di bidang keselamatan jalan; Ketiga, Politeknik Transportasi Sungai, Danau dan Penyebrangan (Poltektrans SDP) Palembang, memiliki ciri khas di bidang transportasi sungai, danau dan penyebrangan.

Kemudian, Keempat, Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun, memiliki ciri khas di bidang perkeretaapian; Kelima, Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali, memiliki ciri khas di bidang logistik; Terakhir, Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Mempawah, merupakan lembaga yang menyelenggarakan diklat teknis di bidang transportasi darat yang ada di Indonesia.

Baca Juga  Bantuan ATR/BPN Peduli Bencana untuk Korban Longsor Sumedang

Sipencatar menurut Irwan, merupakan metode penerimaan taruna dan taruni baru di perguruan tinggi di bawah Badan Pengembangan SDM Perhubungan untuk mendapatkan dan menjaring SDM berkompeten untuk meningkatkan pelayanan jasa transportasi di Indonesia yang mampu berdaya saing di tingkat internasional.

Fani Hendra Saputra,S.SiT Sekdis Diperkimhub Bangka Tengah, Narasumber Motivasi di sosialisasi Sipencatar 2021 (Foto: Badan Pengembangan SDM Perhubungan)

Seperti diketahui, ada 3 jalur Sipencatar Kemenhub yakni; Pertama, jalur reguler atau pola pembibitan, dimana biaya akademik mendapatkan subsidi dari APBN, dan setelah lulus pendidikan akan diproses menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kedua, jalur reguler non pola pembibitan, dimana sebagian biaya akademik mendapat subsidi dari APBN dan setelah lulus diperuntukkan untuk pemenuhan kebutuhan SDM pada BUMN, operator dan perusahaan sektor transportasi.

Ketiga, jalur non reguler atau mandiri, dimana biaya akademik dibebankan sepenuhnya kepada taruna dan setelah lulus diperuntukkan untuk pemenuhan kebutuhan SDM pada BUMN, operator dan perusahaan sektor transportasi.

Sosialisasi Sipencatar 2021 di Swissbel Hotel Pangkal Pinang (Foto: Badan Pengembangan SDM Perhubungan)

“Pada 9 April 2021, Kemenhub telah mengeluarkan pengumuman tentang penerimaan calon taruna/taruni pola pembibitan pada perguruan tinggi di lingkungan Kemenhub tahun akademik 2021/2022,” ungkap Irwan.

Pada penerimaan taruna tahun ini, sambung Irwan, telah disiapkan 3.210 formasi, terdiri dari 2.436 formasi program studi pola pembibitan Kemenhub, 30 formasi program studi pola pembibitan khusus pola pembibitan putra/putri Papua/Papua Barat. Lalu 744 formasi program studi pola pembibitan pemerintah daerah.

Khusus untuk Matra Darat, tambah Irwan, disiapkan 1.548 formasi, terdiri dari 804 formasi program studi pola pembibitan Kemenhub dan 744 formasi program studi pola pembibitan Pemda dengan rincian 15 program studi dari 5 perguruan tinggi di lingkungan pusat pengembangan SDM Perhubungan Darat.

Hrapan Irwan, semoga pelaksanaan sosialisasi ini berjalan dengan baik, serta berguna dalam memberikan informasi bagi adik-adik kelas XII se Kota Pangkalpinang yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. “Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, Sipencatar pada perguruan tinggi di lingkungan Kemenhub ini secara resmi saya nyatakan dibuka,” tandasnya. (ADV/Rizal)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed