Sosialisasi Pengawasan Orang Asing dan Pengukuhan Tim Pora

Wonogiri – Bertempat di Hotel Kamulyan, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri telah dilaksanakan kegiatan Sosialisas Pengawasan Orang Asing, Pengukuhan dan Rapat Tim Pora Tingkat Kecamatan Kabupaten Wonogiri Tahun 2018, Selasa (28/8).

 

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Drs Edi Sutopo , Kepala Divisi Imigrasi Jawa Tengah Ramli, Kabid Penindakan Imigrasi Surakarta Sigit P, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta Santosa , Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Wonogiri Drs Sulardi, Kepala Seksi Pengawasan Dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta Sigit Wahjunianto, Para Danramil dan Perwira Staf Kodm 0728/Wonogiri, Para Kapolsek dan Perwira Polres Wonogiri.

Sambutan oleh Bupati Wonogiri yang di sampaikan oleh Drs. Edi Sutopo M.Si mengucapkan marilah bersama-sama memohon kepada Tuhan agar tim yang kita bentuk ini dapat menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai komponen yang penting untuk menjaga dari dampak orang asing yang tidak kita inginkan dan dapat berjalan dengan lancar.

“Kepada tim pora yang sudah di lantik saya ucapkan selamat bekerja dan dapat menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai wewenang yang telah di berikan. Saya berharap untuk selalu waspada kepada WNA yang kusus nya di wilayah wonogiri karna bisa memberi dampak negatif kepada masyarakat wonogiri. Dengan contoh kasus yang terjadi dengan dideportasi nya 9 WNA karna masalah perizinan,” tegasnya.

Pemaparan materi oleh Kepala Divisi Imigrasi Provinsi Jateng Ramli menuturkan telah terjadi prokontra tentang adanya izin orang asing di indonesia yang akan bekerja ,maka pemerintah memerintah kan kepada kita semua untuk memperketat dalam prosedur izin dan pengawasan nya. lebih diperketat lagi pengawasan orang asing dalam pergerakan atau kegiatannya apakah bekerja apakah liburan apakah bisnis apakah melakukan tumpangan-tumpangan seperti mengedarkan narkoba, terorisme ,maupun radikalisme atau lainnya kusus nya di daerah Jawa tengah dan diwilayah Wonogiri. Tugas pokok imigrasi melayani dan memberikan pelayanan kepada orang asing yang datang ke indonesia dan juga penegakan hukum bagi pelangaran kedatangan WNA asing tersebut.

“Akan tetapi tanpa bantuan instansi terkait dan masyarakat khususnya di kabupaten Wonogiri niscaya tugas dan tanggung jawab kami dapat berjalan dengan baik. Maka kita semua perlu bekerja sama ikut andil dalam melaksanakan tugas ini ada yang nanti memperketat izin keimigrasian dan melaksanakan penindakan bagi yang melakukan pelanggaran-pelanggaran di negara kita dengan semakin meningkatnya Jumlah WNA di negara kita khusus nya di wilayah Soloraya berjumlah 840 orang dengan berbagai izin. Pripsip pemerintah Indonesia dalam menerima keberadaan orang asing adalah menerima keberadaan warga asing yang bermanfaat bagi bangsa dan negara kita yang dapat masuk ke Indonesia,” jelasnya.

Anggota yang dilantik menjadi Anggota PORA Antara lain Camat Eromoko Danang Erawanto, Kasi Intel Kajari Amir Akbar Nurul Qomar, Danramil 16/Jatiroto Kapten inf Sriyono, Kakesbangpol Sulardi, Kapolsek Kota AKP Surono.(RedG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *