oleh

Sosialisasi dan Pelatihan Pemulasaran Jenasah Penyakit Menular

-Wonogiri-55 views

Wonogiri – Mewakili Danramil, Batuud Koramil 14/Jatisrono Pelda Suyata menghadiri kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemulasaran jenazah penyakit menular(Covid-19, HIV Aids, TBC Paru, Hepatitis, dll) yang bertempat di Aula UPTD Puskesmas Jatisrono I, Kamis (17/12).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Drs. Suradi, anggota Polsek Jatisrono Ipda Marman, Kepala UPTD Puskesmas Jatisrono I dr. Kristian beserta staf, Kepala Desa wilayah Puskesmas Jatisrono I, Jogo Tonggo se-wilayah Puskesmas Jatisrono I.

Dr. Kristian menyampaikan, ada hal penting yang harus diperhatikan oleh masyarakat saat melakukan pemulasaraan jenazah pasien penyakit menular, dalam hal ini Covid-19, sejumlah aturan dalam standar operasinal dan prosedur (SOP) yang harus dipatuhi untuk jenazah infeksius ataupun penyakit menular.

Dalam setiap jenazah yang terinfeksi atau terjangkit Covid-19 tidak bisa sembarangan dilakukan, akan tetapi harus melalui protokol prosedur kesehatan yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dalam pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19, yang sesuai standart WHO dan selalu berkoordinasi dengan Tim Gugus Covid-19 masing-masing daerah.

Lebih lanjut, para peserta pelatihan diperkenalkan dengan alat pelindung diri (APD) khusus sesuai standar WHO, serta penanganan dengan pada jenazah korban covid-19. Sebelum melakukan tindakan refling membungkus jenazah dengan plastik wajib untuk selalu diberikan cairan disinfektan.

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed