oleh

Siswa SMKN 1 Pracimantoro Digembleng Wasbang dan Latihan PBB

Wonogiri- Guna menambah wawasan kebangsaan serta menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada para muridnya, SMKN 1 Pracimantoro menggandeng Koramil 13/Pracimantoro untuk memberikan ilmu tentang wawasan kebangsaan dan pelatihan PBB, Kamis(12/4) pagi.

Danramil 13/Pracimantoro Kapten Cba Budi Waluyo menugaskan anggotanya yakni Sertu Agus Suranto, Serda Sarmono dan Serda Samsu Ashar untuk memberikan bekal wawasan kebangsaan serta memberikan pelatihan PBB kepada siswa-siswi SMK N 1 Pracimantoro.

Ikut mendampingi dalam kegiatan pemberianwawasan kebangsaan dan pelatihan PBB Waka Kesiswaan SMKN 1 Pracimantoro Drs Suradi dan diikuti oleh para siswa.

Adapun materi yang disampaikan oleh Babinsa Ramil 13/Pracimantoro (Sertu Agus Suranto) antara lain keberadaan suatu bangsa dalam bingkai negara pada dasarnya dilandasi oleh 3 hal mendasar yaitu kesadaran, semangat dan tekad yang kuat dalam memahami wawasan kebangsaan, yaitu cinta tanah air.

“Setiap warga negara harus mencintai tanah air sebagai ruang hidup dalam menjalankan kehidupannya yang selalu mendapat ancaman baik dari dalam maupun luar negeri; antara lain diwujudkan menjaga lingkungan hidup, mengenal wilayah tanah air, dan mencintai produk dalam negeri agar tumbuh rasa nasionalisme,” bebernya.

Sebelum menutup wawasan kebangsaan tersebut , beberapa harapan para Babinsa kepada siswa-siswi adalah siswa harus memiliki wawasan kebangsaan yang berintikan 4 konsensus dasar berbangsa untuk membangun semangat kebangsaan/ nasionalisme, serta harus diwujudkan dalam karya nyata agar dapat menangkal ancaman narkoba, terorisme, paham radikal dan cyberwar, sehingga dapat memberikan kontribusi positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Persiapkan diri dengan baik menjadi agen perubahan dengan pendidikan bela negara agar mendahulukan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan kelompok dan pribadi. Membangun persaudaraan, toleransi, kerukunan dan harmoni di bumi pertiwi ini. Para siswa memiliki tanggung jawab moral untuk terus menjadikan Indonesia yang penuh ketentraman, kedamaian, dan harapan terhadap masa depan yang cerah,” tegasnya. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar