oleh

Singgah di Dusun Tanjung Menanti Kabupaten Bungo, Kapolda Minta Hentikan Aktivitas PETI

Muara Bungo – Mengakhiri kunjungan kerja selama tiga hari di Muaro Bungo, Kapolda Jambi bertemu dengan perwakilan warga dusun Tanjung Menanti Kelurahan Bathin II Babeko, Kabupaten Bungo.

Selain bersilaturahmi dan membagikan sembako, Kapolda berpesan kepada Datuk Rio Dusun Tanjung Menanti agar menghentikan aktivitas penambangan emas tanpa izin yang jumlahnya sampai ratusan buah di sepanjang sungai Batang Tebo.

Penambangan emas tersebut lebih banyak efek yang merugikan dibanding keuntungan yang sifatnya sementara. Abrasi dan pendangkalan sungai telah mengakibatkan banjir, air sungai yang keruh berpengaruh pada perkembang biakan ikan sehingga mengurangi hasil tangkapan para nelayan, selain itu air raksa yang digunakan untuk memisahkan emas dengan material lainnya menyebabkan tercemarnya air sungai dan ikan dengan logam berat yang dalam waktu panjang akan mempengaruhi kualitas hidup masyarakat pesisir sungai.

Kapolda Jambi yang didampingi Dirreskrimum Polda Jambi, Auditor Madya Itwasda Polda Jambi dan Kabag Binkar Boro SDM Polda Jambi, mengatakan bahwa dirinya telah berbicara dengan Bupati Batanghari untuk mencari solusi alternatif mata pencaharian masyarakat selain PETI. Dan setelah masa sosialisasi, jajaran Polda Jambi beserta stakeholder terkait akan mulai melakukan penertiban dan penindakan, sehingga dihimbau kepada warga masyarakat agar mulai membongkar sendiri peralatan PETI tersebut agar tidak timbul kerugian yang lebih besar, dan masih bisa dimanfaatkannya bagian-bagian dari peralatan tersebut.

PETI menggunakan rakit di sepanjang aliran sungai Batang Tebo tersebut diketahui Kapolda Jambi sendiri saat dirinya terbang menggunakan helikopter Baharkam Polri sekembali dari meninjau PPKM Mikro Polres Bungo dua minggu lalu, dan telah ditindak lanjuti dengan Rapat koordinasi antar stakeholder Kabupaten Bungo, juga patroli serta himbauan yang dilakukan oleh Kapolres Bungo, di backup oleh Kabag Binkar Biro SDM Polda Jambi dan Komandan Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Jambi, Kompol Sitinjak. (RedG/Irwansyah)

Komentar

Tinggalkan Komentar