oleh

Sidekem Menunjang Tercapainya Desa Digital

Pemalang – Data merupakan salah satu hal utama dalam mengambil kebijakan yang tepat bagi pengambil kebijakan. Pemalang mempunyai Sistem Informasi Desa dan Kawasan Kabupaten Pemalang (Sidekem), dalam menunjang program Desa Digital di Kabupaten Pemalang.

Bimtek yang diselenggarakan oleh Dispermades melalui Puspindes, untuk para admin desa dihadiri oleh Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo dan Kepala Dispermades, Senin (13/6).

Menurut Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, tujuan Bimtek pemanfaatan data sidekem di tingkat Kecamatan dalam bertujuan untuk menunjang program Desa Digital merupakan langkah dalam pembagian tugas dan fungsi pengelolaan Desa Digital khususnya di tingkat Kecamatan.

“Peran pengelola di tingkat kecamatan untuk dapat menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan peran pemerintah Kecamatan dalam pelaksanaan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan administrasi desa.” papar Bupati Pemalang.

Diharapkan pengelola di tingkat Kecamatan (admin kecamatan) mampu melakukan pendampingan pembinaan dan pengawasan peningkatan kapasitas SDM di Desa, memiliki kewenangan langsung dalam pendampingan desa dalam proses digitalisasi data desa melalui Sidekem, serta mampu untuk meyakinkan Desa akan pentingnya kebutuhan data yang terdigitalisasi dalam proses perencanaan pembangunan Desa. Pengelola di tingkat kecamatan juga diharapkan mampu melakukan bimbingan serta pengawasan terhadap para admin desa untuk tetap selalu memberikan perkembangan dari data desa melalui aplikasi SIDEKEM, dan admin kecamatan juga diharapkan mampu memberikan informasi baik melalui website kecamatan media sosial media sosial kecamatan.

“Akhir tahun ini saya harapkan akan ada evaluasi terhadap desa-desa di pemalang. Penilaian desa se kecamatan oleh admin kecamatan dalam rangka menuju desa digital. untuk indikatornya saya serahkan kepada rekan rekan di Puspindes” Berani bapak ibu ???” tanya Bupati ke peserta.

Baca Juga  Jalan Penghubung Akan Lancarkan Perekonomian Cikendung-Banyumudal

Dengan adanya desa dan kecamatan ini sudah menggunakan digitalisasi data maka akan tercipta sinergi, kedepan akan menjadi lebih baik lagi lebih maju Pemalang AMAN (Adil Makmur Agamis Dan Ngangeni) .(RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar