oleh

Sidak Pasar Modern Koba, Bupati Pastikan Stok Ramadhan dan Idul Fitri Aman

Koba – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan inspeksi mendadak (sidak) ketersediaan bahan kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijiriah Tahun 2023 M, Selasa (28/3/2023) di pasar Modern Koba Kecamatan Koba.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman didampingi Sekretaris Daerah Bangka Tengah, Sugianto, diikuti oleh Kepala OPD terkait, serta jajaran Forkopimda Bangka Tengah.

Seusai melaksanakan peninjauan, menurut Algafry, tidak terdapat kenaikan harga yang signifikan di Pasar Modern Koba.

“Dari sidak hari ini, dapat dilihat dari sisi fluktuasi harga, tidak ada kenaikan yang signifikan. Justru tadi kami lihat ada sedikit penurunan pada harga cabai dan ikan. Untuk tanaman hortikultura sendiri, seperti bawang, harganya masih stabil dan tidak mengalami kenaikan,” jelas Algafry.

Menanggapi kekhawatiran masyarakat akan melonjaknya harga daging sapi yang biasanya terjadi saat perayaan hari raya, Algafry memberikan penjelasan.

“Untuk stok daging selama lebaran, kami sudah koordinasikan dengan H. Samud (Vendor daging sapi di Pasar Modern Koba). Mereka sudah berkomitmen tidak akan menaikkan harga daging, bahwa harga Rp150.000 per kilogram itu sudah harga maksimal,” kata Algafry.

Algafry juga berpesan kepada masyarakat, untuk dapat berhati-hati dalam mengatur anggaran keuangannya di bulan puasa dan menjelang lebaran nanti.

“Manajemen keuangannya diatur, karena memang banyak kebutuhan kita menjelang Hari Raya Idul Fitri yang akan datang. Sementara, kami selaku Pemkab melalui Disperindagkop-UKM Bangka Tengah juga akan terus mengadakan Pasar Murah, yang akan diadakan di setiap kecamatan di Bangka Tengah,” ungkapnya

Sementara itu, Kepala Disperindagkop-UKM Bangka Tengah Ali Imron menyampaikan dalam mengendalikan harga adalah yang pertama memastikan stock opname distributor untuk memastikan ketersediaan bahan pokok penting, yang kedua memastikan arus distribusi lancar, dan yang ketiga diadakannya operasi pasar yang akan dilaksanakan selama Ramadhan di setiap kecamatan.

Baca Juga  Asean Foundation Ajak Pemuda Desa Kuta Tingkatkan Literasi Digital

Berikut beberapa harga-harga bahan pokok di Pasar Modern Koba per hari ini yaitu Beras Rp136.000 hingga Rp138.000 per 10 kilogram, Minyak goreng (Fortune) Rp18.000 per liter, Daging sapi Rp150.000 per kilogram, Ayam broiler Rp33.000 per kilogram, Telur ayam Rp1.900 per butir, Gula pasir Rp14.000 per kilogram, Bawang merah Rp38.000 per kilogram, Bawang putih Rp33.000 per kilogram dan Cabai rawit Rp50.000 per kilogram,” tutupnya (RedG/Rizal Pahlevi/Diskominfosta Bangka Tengah)

Komentar

Tinggalkan Komentar