Siap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Tanam Rumput Vertiver

Pemalang – TNI,Polri beserta masyarkat melaksanakan penanaman rumput Vertiver dan siap tanggap bencana, di Bukit Gambangan Dkh. Tumanggal Desa Banyumudal, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Selasa (11/2/2020).

Dalam sambutan Dandim 0711/Pemalang Letnan Kolonel Inf Irvan Christian Tarigan, S.I.P., M. Han, menyampaikan “Wilayah Pemalang selatan bagian Watukumpul, Belik, Moga, ini memang Pegunungan yang rawan terjadi longsor maka dari itu, Hari ini kami dari Kodim 0711/Pemalang dan Polres Pemalang bersama sama dengan segenap elemen masyarakat memulai menanam jenis rerumputan yang namanya rumput Vetiver dimana rumput jenis ini memiliki kelebihan untuk mengikat tanah lebih kuat daya cengkramnya, yang mana Presiden kita Bapak Jokowi pada saat Rakornas Penanggulangan Bencana tahun 2020 juga memerintahkan kepada Pemerintah Daerah termasuk kita semua yang wilayahnya rawan tanah longsor agar menanam rumput Vertiver ini. Hal ini sudah dibuktikan bahwa Bapak Jokowi telah menanam rumput jenis ini di desa Pasirmadang, sukajaya, Bogor Jawa barat dimana kawasan tersebut sering dilanda tanah longsor”.tuturnya

AKBP Edy Suranta Sitepu S.I.K, M.H (Kapolres Pemalang), juga menekankan, “Melalui penghijauan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan alam. Menanam pohon vetiver ( rumput akar wangi ) akan memperkokoh kondisi tanah dan sangat ampuh menahan longsor”, ujar Kapolres.
Masyarakat mengapresiasi dengan adanya peran TNI AD khusus nya Kodim 0711/Pemalang dan Polres Pemalang yang dengan sigapnya membantu menggalakkan penanaman pohon. (RedG/candra).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *